Lestarikan Lingkungan, 7900 Pohon Ditanam di Sindangrasa

13/01/2012 0 Comments

Siswa SDN 4 Sindangrasa melakukan penanaman 7900 pohon bersama warga Sindangrasa. Foto : Eli Suherli/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga Desa Sindangrasa Kec. Ciamis, bersama siswa-siswi SDN 4 Sindangrasa melakukan penanaman 7900 pohon, pemberian Dinas Kehutanan Ciamis, di lingkungan sekitar sekolah dan lapangan desa.

Kades Sindangrasa, Yadi Setiadi, Selasa (10/1), mengatakan, kegiatan penanaman tersebut dilakukan warganya, untuk menjaga kelestarian ekosistem tumbuhan serta melestarikan lingkungan di sekitar desa.

“Dengan penanaman ini, wilayah Desa Sindangrasa bisa menjadi kawasan hijau. Selain itu, upaya melibatkan anak sekolah menjadi salah satu cara menularkan arti pentingnya menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Yadi menambahkan, penanaman itu penting, karena wilayah Desa Sindangrasa yang berada di Kota Ciamis. Dia juga berharap, wilayah Desa Sindangrasa menjadi kawasan hutan kota.

Pada acara yang sama, Camat Ciamis, Wawan Ruhiyat, mengungkapkan, kegiatan penanaman itu harus dijadikan momentum untuk memelihara lingkungan. Dia menilai, kondisi lingkungan saat ini jauh berbeda dengan kondisi dulu.

“Karena kebutuhan, banyak pepohonan ditebang. Nah, penanaman inilah sebagai gantinya,” katanya.

Wawan menambahkan, sesuai dengan program pemerintah, yang menggemab-gemborkan program penanaman, karena kondisi hutan kita sudah memprihatinkan, masyarakat kalau perlu diharuskan melakukan penanaman sejak dini.

Sementara itu, Nur Mutaqin, tokoh pemuda yang ikutserta dalam kegiatan, menguatarakan,  penanaman ini bertujuan agar masyarakat lebih mengetahui arti pentingnya melestarikan lingkungan.

“Sangatlah baik jika penanaman pohon ini terus digencarkan. Dengan begitu, ancaman pemanasan global bisa diatasi mulai dari sekarang. Dan kita tahu, tanah di Ciamis tergolong tanah yang sangat subur,” pungkasnya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply