Pagar dan Tebing Ambruk, Giliran Rumah Dinas Sekolah Terancam

Pagar dan Tebing Ambruk, Giliran Rumah Dinas Sekolah Terancam

Bagian pagar bangunan sekolah SDN 1 Citeureup ambruk terbawa longsor, pihak sekolah berharap mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk memperbaikinya. Foto : Edji Darsono/HR.

Kawali, (harapanrakyat.com),- Pagar bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Citeureup Kecamatan Kawali roboh terbawa longsor hingga mencapai kurang lebih 4-5 meter. Hal itu disebabkan tanah tebing yang ditumpangi pagar, tergerus air yang mengakibatkan terjadinya longsor.

Selain itu, longsornya tanah tebing juga membuat rumah dinas sekolah terancam ambrol. Bahkan, sebagian tanah yang ada di sekeliling sekolah sudah terlihat mengalami retak-retak dan labil.

Johar, S.Pd., Guru SDN 1 Citeureup, Senin (9/1), mengatakan, longsornya bagian tebing penyangga pagar sekolah sudah terjadi dua kali dalam satu bulan ini. Kini, pihak sekolah mengkhawatirkan terjadinya longsor susulan, terlebih bagian halaman sekolah dan rumah dinas berada tepat berada di bagian tanah yang labil (rawan longsor).

Kepada HR, Johar mengharapkan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Ciamis memberikan bantuan, untuk memperbaiki pagar sekolah, pembuatan pondasi dan penembokan tebing yang berada di sekitar sekolah.

“Seandainya tidak cepat ditangani, kekhawatiran akan terjadinya longsor terus menghantui para guru dan siswa. Apalagi musim hujan seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Omang Komarudin, S.Pd., warga Desa Citeureup, mengatakan penanganan rawan longsor yang dialami SDN 1 Citeureup harus dilakukan secara betul-betul. Menurut dia, keberadaan tebing sudah sangat kritis.

“Konstruksi yang bagus untuk pemasangan pagar di SDN 1 Citeureup, bagian tebing harus dibuat tiga tahap (Terasering) yang menggunakan rangka cor beto,” ucapnya. (dji)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles