Peluang Bisnis Benih Gurame di Panumbangan

Peluang Bisnis Benih Gurame di Panumbangan

Panumbangan, (harapanrakyat.com), Kelompok central ikan gurame yang berada di kampung Kaso Rogok Desa Golat Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis kesulitan mendapatkan benih ikan. Akibatnya, para pedagang keliling yang ada di kelompok tersebut tidak bisa memenuhi permintaan konsumennya.

Yana (24), Ketua Kelompok central ikan gurame, Rabu minggu lalu, mengatakan, biasanya untuk memenuhi para pedagang keliling, pihaknya membeli langsung dari para petani yang ada di wilayah Panumbangan, Sukabumi dan Cianjur.

Kepada HR, Yana juga mengaku kesulitan dalam mengembangkan usaha tersebut. Alasannya, meski kelompok yang dia pimpin sudah berusia 5 tahun, namun kendala permodalan masih tetap mengganjalnya.

Dia menyebutkan, kelompok yang dinakhodai olehnya beranggotakan 30 orang pedagang keliling. Dan memiliki kolam diatas tanah yang disewa dari pihak Desa Golat Kec. Panumbangan

Menurut Penjelasan Yana, ikan gurame merupakan salah satu jenis komoditas perikanan yang ditujukan untuk meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan serta untuk pemenuhan/ peningkatan gizi masyarakat.

Selain itu, ikan gurame juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena banyak disukai, serta mempunyai harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya.

Untuk itu, Yana berharap Pemkab. Ciamis membantu mencarikan solusi, dengan memberikan bantuan permodalan kepada kelompok. (dji)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles