Seniman Tatar Galuh Gelar Budaya Purna Kala

06/01/2012 0 Comments

(Sambut Awal Tahun 2012)

Pentas seni wayang landung meriahkan sambut tahun baru 2012 di alun-alun Kawali Kecamatan Kawali. Foto : Edji Darsono/HR.

Kawali, (harapanrakyat.com),- Sejumlah seniman di wilayah Ciamis Utara, yang tergabung dalam Komunitas Sangkala, menggelar Budaya Purna Kala (penyempurnaan waktu), pada malam tahun baru 2012, di Alun-alun Kec. Kawali, Sabtu (31/12).

Ketua Komunitas Sangkala, Ega Sampurna, menjelaskan, bahwa Purna Kala merupakan penyempurnaan waktu dalam menghadapi dan menyambut tahun baru. Dalam acara itu, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, mulai lomba mewarnai tingkat TK, RA dan TKA se-Kec. Kawali, Khitanan Masal, pawai, dialog dan anugrah budaya, serta longser wayang (perpaduan wayang golek dengan ronggeng).

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Ciamis, H. Iing Syam Airifin. Dalam sambutannya, Iing juga menyampaikan, gelaran Budaya Purna Kala perlu mendapat apresiasi.

Menurutnya, kegiatan dan Budaya Purna Kala yang diprakarsai seniman Kab.Ciamis itu, perlu dilestraikan, karena dapat dijadikan aset andalan Ciamis, khususnya dalam bidang seni dan budaya.

Sementara itu, Camat Kawali, Drs. H. Gusnawan, M.Si., mengatakan, gelaran budaya Purna Kala, menyambut tahun baru 2012, juga diikuti para seniman dari luar daerah Kec. Kawali.

Gusnawan berharap, wujud kebersamaan para seniman itu, harusnya dijadikan motivasi untuk mempererat dan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan seniman di Tatar Galuh Ciamis.

“Dengan momentum ini, saya berharap Kec. Kawali dapat lebih maju dan lebih bagus dari sebelumnya. Dan Seniman Tatar Galuh, bisa mempererat kekuatan dengan talenta dan kreatifitas seni yang selama ini masih terlupakan,” ucapnya.

Iyus, warga Kawali, juga mengharapakan, kegiatan budaya Purna Kala yang baru dilaksanakan di Kec. Kawali, dapat menjadi filter budaya lokal. Dan kegiatan serupa bisa dilaksanakan di tahun mendatang. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply