SMK Taruna Bangsa Terus Dilirik Dunia Usaha dan Industri

19/01/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Bangsa Cijeunjing Ciamis kembali membuktikan diri sebagai sekolah kejuruan yang semakin diminati kalangan Dunia Usaha dan Industri (Dudin), baik dalam kerjasama promosi kependidikan maupun penyaluran tenaga kerja.

Alhasil, berkat kepercayaan itu, SMK Taruna Bangsa yang kini mempunyai tiga jurusan, Teknik Otomotif, Teknik Informatika dan Keperawatan itu memiliki siswa hingga 515 orang.

Sepanjang dua tahun ini saja, perusahaan otomotif seperti PT. Astra Daihatsu Motor telah lama mempercayakan perekrutan tenaga kerja, Prakerin dan praktek perbengkelan terhadap sekolah tersebut.

Disusul perusahaan Operator Seluler terkemuka PT. Indosat Tbk, dalam kerjasama layanan informasi dan promosi pendidikan. Kemudian pada bulan Februari 2011,  PT. Astra Honda Motor dan PT. Adira Finance menjadikan SMK Taruna Bangsa sebagai satu-satunya SMK di Ciamis yang mendapat kepercayaan sebagai lokasi Kampanye Nasional Safety Riding (Keselamatan Berkendara).

Menanggapi hal itu, Kepala SMK Taruna Bangsa, Agus Gusanto, SP.d, mengungkapkan, jalinan kerjasama yang dilakukan pihaknya dengan sejumlah perusahaan swasta ternama dijadikan ajang peningkatan kompetensi para siswa-siswi, untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

“Untuk Kompetensi Siswa di bidang otomotif, kami menjalin kerjasam dengan PT. Astra Daihatsu Motor. Bidang informatika, dengan PT. Indosat Tbk. Dan bidang keperawatan, kami jalin dengan RSUD Ciamis dan Stikes BTH Tasikmalaya,” ungkapnya.

Pimpinan Yayasan SMK Taruna Bangsa, Firman Yusuf, mengungkapkan, selain untuk peningkatan kompetensi, jalinan kerjasama dengan perusahaan juga merupakan satu bagian pelayanan sekolah kejuruan terhadap siswa.

“Salah satu Misi SMK Taruna Bangsa, membangunan kerjasama dan komunikasi dengan Perusahaan Swasta, sebagai media pembelajaran siswa dan layanan untuk menjawab kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Ditemui terpisah, kabid Pendidikan Menengah Disdik Kab. Ciamis, Drs. H. Nana Rohena, M.Pd, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan SMK Taruna Bangsa dan Dunia Usaha dan Industri.

“Kerjasama dan inovasi SMK Taruna Bangsa dan membangun hal itu perlu ditiru oleh SMK swasta lainnya,” katanya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply