Surat Datang Telat, Warga Protes Kantor Pos Kawali

Surat Datang Telat, Warga Protes Kantor Pos Kawali

Kawali, (harapanrakyat.com),Pelayanan jasa pengiriman surat ke daerah Desa Ciakar Kec. Kawali kerap terlambat. Diduga hal itu terjadi lantaran petugas PT POS sering menitipkan surat di kantor Desa setempat, padahal seharusnya diantar hingga ke tangan pelanggan.

Harisah, warga Dusun Desa Kulon Desa Ciakar, membenarkan kejadian seperti itu. Contohnya saja, seharusnya dia sudah menerima surat dari kerabat Bulan Nopember 2011 lalu. Tapi, justru surat tersebut baru dia terima pada awal Bulan Januari 2012.

“Malahan surat itu saya terima dari RT, bukan dari petugas pengirim surat,” ungkapnya.

Menurut Harisah, dirinya sangat berharap petugas pengirim surat/ pos menyampaikan surat langsung kepada orang yang bersangkutan dengan tepat waktu, terlebih jika surat itu sifatnya penting.

Dia menilai, surat-surat yang dititipkan di Kantor Desa, akan selalu datang terlambat. Alasannya, pekerjaan yang harus juga diselesaikan oleh pihak desa sudah cukup banyak.

Sementara itu, Kaur Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Desa Ciakar, Solihin, ketika ditemui HR, Kamis (5/1), mengungkapkan, petugas pengirim surat dari PT POS banyak menitipkan surat di kantor desa.

Padahal kata Solihin, tugas dan pekerjaan aparat desa sudah cukup menumpuk. Apalagi jika ditambah dengan harus mengirim dan menyampaikan surat. Akibatnya, banyak surat yang ada dan tersimpan di desa, tidak segera tersampaikan kepada warga.

“Kadang pihak desa yang akhirnya dituding kurang bisa memberikan pelayanan kepada publik/ masyarakat,” ungkapnya.

Solihin mengaku, pihaknya seringkali mempertanyakannya kepada petugas yang datang. Namun, petugas itu pandai berdalih, sehingga surat-surat kembali dititipkan di kantor desa.

Kantor Pos Ciamis Bantah Telat Kirim Surat

Bagian SDM Kantor Pos dan Giro wilayah kerja Ciamis membantah jika pihaknya tidak melakukan pemantauan pengiriman surat-menyurat di wilayah Kec. Cipaku. Pihaknya mengaku dalam setiap bulan selalu memantau peredaran surat se-Kab. Ciamis.

Belakangan  ini, beberapa kali terjadi keterlambatan pengiriman di wilayah tersebut. Akibatnya, sejumlah warga yang biasa menerima surat tepat waktu, mengeluhkan keterlambatan itu.

Kepala Bagian SDM Kantor POS dan Giro Ciamis, Iis, Selasa (10/1), di ruang kerjanya, mengatakan, pemantauan peredaran surat merupakan pekerjaan rutin. Selain itu, Kantor Pos terus menge-check kelancaran dari jasa pelayanan surat-menyurat yang dilakukan pihaknya.

“Kami heran kalau ada komplain dari pelanggan soal keterlambatan surat. Padahal, kami juga sudah ada kantor pos pembantu di wilayah itu,” katanya.

Menski begitu, Iis mengaku akan memfasilitasi keluhan konsumen yang ingin meng-komplain soal pelayanan Kantor POS. Termasuk komplen atau keluhan keterlambatan pengiriman surat.

“Kami siap memfasilitasi konsumen apabila ada complain mengenai keterlambatan jasa pelayanan surat-menyurat, konsumen tinggal membawa Resi pengiriman surat baik surat biasa  maupun surat kilat khusus,” katanya.

Iis menambahkan, dengan adanya Resi pengiriman surat, pihaknya dapat bisa membantu konsumen menelusuri keberadaan surat yang telah dikirim oleh pelanggan. “Kami juga akan bertanggungjawab atas keterlambatannya. Bawa saja Resi pengiriman suratnya,” pungkasnya. (dji/dk)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles