3200 Siswa Hadapi UN Bulan April

17/02/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Jadwal Ujian Nasional (UN) untuk SMA, MA dan SMK di Kota Banjar sudah ditentukan. Pelaksanaan UN tinggal menghitung jari, sementara peserta UN harus sejak dini mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Banjar, Asep Parjaman, Selasa (14/2), membenarkan jadwal tersebut. Bahkan, UN Kompetensi Keahlian untuk SMK, khususnya praktek kejuruan akan segera dimulai pada 16 Februari hingga 16 Maret 2012.

“Pelaksanaan UN Kompetensi Keahlian, Praktek Kejuruan dilaksanakan dalam waktu satu bulan lamanya. Sementara jadwal UN umum baru dilaksanakan pada Bulan April mendatang,” katanya.

Asep menyebutkan, jadwal UN untuk SMA, dan MA, akan dimulai pada 16 April hingga 23 April, atau selama 4 hari. Untuk program IPA, mata pelajaran yang di-UN-kan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi.

Dan untuk program keagamaan (MA) meliputi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Tafsir, Matematika, Fisika dan Hadist. Sedangkan program IPS, meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Matematika, Sosiologi dan Geografi.

Mata pelajaran yang di-UN-kan bagi SMK, meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika. Pelaksanaan UN SMK akan dilakukan selama 3 (tiga) hari, mulai 16 hinga 18 April 2012.

Asep juga menjelaskan, bagi peserta UN SMA/MA yang tidak bisa mengikuti karena alasan sakit, bisa mengikuti UN susulan pada 23 sampai 26 April. UN susulan SMK dilakukan pada 23 sampai 25 April 2012.

“Peserta yang dinyatakan tidak lulus UN, akan mengikuti UN pada tahun berikutnya, atau mengikutinya di Lembaga non-formal/ Paket C (setara SMA),” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, jumlah peserta pada UN tahun 2012 sekarang ini, mencapai 3200 siswa. Terdiri dari, peserta UN SMA 943 siswa, MA 256 siswa, dan SMK 2001 Siswa.  Asep berharap, kelulusan UN pada tahun ini mencapai 100 persen.

Untuk itu, Asep berharap kepada MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) terus mengupayakan pengayaan bagi siswa kelas 3, agar dapat menghadapi UN. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply