Galendo Oleh-oleh Khas Kab. Ciamis

17/02/2012 0 Comments

Salah seorang karyawan PD. Rasa Asli, sedang mengepak galendo sebelum dijual di outlet. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Jawa Barat dikenal sebagai daerah yang kaya makanan tradisional. Salah satunya adalah galendo oleh-oleh khas Kab. Ciamis. Meski sudah bermunculan di sejumlah daerah, galendo Ciamis tetap punya keistimewaan tersendiri di lidah konsumen.

Dulu, untuk bisa mencicipi nikmatnya galendo Ciamis, orang harus membeli langsung ke rumah-rumah penduduk penghasil galendo. Belakangan, galendo sudah tersedia di sejumlah Supermarket dengan kemasan yang menawan, mirip seperti kemasan dodol Garut.

Penganan yang terbuat dari ampas minyak kelapa itu memang identik dengan Ciamis, dimana Ciamis merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat (Jabar). Galendo enak dinikmati bersama secangkir teh panas atau kopi pahit, apalagi jika dicocolkan dengan gula putih, wuih mantap.

Saat ini Galendo sudah tersedia di mana-mana, dengan kemasan yang menarik. Harga Galendo bervariasi dari mulai Rp. 9 ribu hingga puluhan ribu per bungkus, tergantung besar kecilnya.

Di samping itu, Galendo juga memiliki cita rasa yang berbeda-beda untuk menambah rasa nikmat, seperti rasa coklat, dan strawberry. Tapi tetap saja untuk menikmati cita rasa yang beda lebih baik jika dibuat dan dimakan di kota asalnya, ayo jangan mau ketinggalan.

Para pengunjung atau konsumen yang hobi makan galendo bisa mendapatkannya di saung galendo 1 dan 2, sentra oleh-oleh Ciamis, milik H. Endut Rohedi, pemilik PD. Rasa Asli, asal Cilame, Kelurahan Ciamis, Kec. Ciamis.

Di rumah produksi milik H. Endut, produk hasil olahan kelapa bisa menjadi berbagai makanan, mulai galendo dengan berbagai rasa dan ukuran, minyak keletik, VCO (Virgin Coconut Oil) merek Rivco untuk kesehatan, dan lainnya.

Dengan upaya itulah, kelas produk galendo bisa naik dan nangkring di Supermarket. Tentunya untuk mengangkat galendo sebagai makanan khas Ciamis, masyarakat Ciamis juga harus ikut turut serta mengenalkannya, misalnya dalam bentuk oleh-oleh untuk teman, saudara, dll. Semoga galendo bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri sebagai makanan khas Ciamis. (Dicky Haryanto Adjid)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!