Hansip Dapat Bantuan Pembelian Seragam Linmas

17/02/2012 0 Comments

(Persiapan Pilgub 2013)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jawa Barat (Jabar) rencananya akan memberikan bantuan keuangan kepada petugas Keamanan Desa (Hansip), untuk pembelian seragam Linmas (Pelindung Masyarakat).

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Polinmas), Dicki Erwin. J, didampingi Kasie Linmas, Drs Rismunandar, Selasa, (10/1) di ruang kerjanya.

Menurut Dicki, bantuan itu akan diberikan langsung ke desa melalui kecamatan. Prosedurnya, pihak desa harus menyerahkan proposal yang ajuannya ditujukan langsung kepada Gubernur Jabar, terkecuali untuk kelurahan ajuannya harus dari Bupati/ Walikota, karena kelurahan merupakan OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Lebih lanjut, Erwin mengatakan, Kesbang Polinmas hanya sebagai fasilitator untuk membantu desa dalam mengkolektifkan proposal yang akan diserahkan ke Provinsi. Dan sampai batas akhir penyerahan, proposal yang sudah terkumpul baru 228 desa. Artinya masih 118 desa lagi yang belum menyerahkan proposal.

Rencananya proposal yang sudah terkumpul, akan diserahkan langsung ke Pemerintah Provinsi karena sudah sampai batas waktu yang ditentukan. Padahal, pemberitahuan sudah dilakukan sejak awal Januari 2012.

“Bahkan berikut contoh proposalnya. Tapi sampai waktu yang telah ditentukan, masih banyak desa yang belum menyerahkannya. Justru terbalik, dari daerah Cimerak yang lokasinya jauh menyerahkannya lebih awal, “ ujarnya.

Rencananya, besaran bantuan untuk pembelian seragam Linmas Pertahanan Sipil (Hansip) untuk pengamanan pemilu, mencapai Rp. 2,5 juta, untuk 5 orang Hansip perdesanya, atau masing masing Hansip mendapat Rp. 500 ribu.

“Seandainya bantuan untuk pembelian seragam sudah turun, Linmas bisa lebih tanggung jawab dalam pengamanan pemilu, dan bisa sebagai garda terdepan dalam menjalankan tugasnya demi keamanan di desanya masing-masing,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply