K3S Gugus III Cipaku “Programkan” Pertemuan Mingguan

17/02/2012 0 Comments

Sejumlah Kepala Sekolah Gugus III UPTD Pendidikan Kecamatan Cipaku berpose bersama, sebelum melaksanakan pertemuan mingguan, di depan gedung perpustakaan SDN I Selamanik. Foto : Eji Darsono/HR.

Cipaku, (harapanrakyat.com),- Kelompok Kendali Mutu Kepala Sekolah (K3S) Gugus III wilayah Kec. Cipaku, memprogramkan kegiatan rutin mingguan bagi kepala sekolah, yang bertempat di SDN 1 Selamanik. Program pertemuan rutin itu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat gugus.

Saat dimintai tanggapan, Ketua K3S Gugus III, Iwong Hermawan SPd., beberapa waktu lalu, mengatakan, pertemuan rutin kepala sekolah, merupakan kelengkapan kegiatan untuk pengendalian mutu pendidikan.

Dengan pertemuan rutin itu, kepala sekolah bersama Ketua K3S Gencar II diharapkan bisa menjadi penghubung antara kegiatan pengendalian mutu pendidikan di tingkat gugus/ sekolah dan di tingkat kecamatan.

Beberapa agenda di dalamnya, diantaranya adalah menciptakan dan meningkatkan produktivitas sekolah. Hal itu bisa dibuktikan dengan hasil ulangan harian, ulangan bulanan, kunjungan pengawas, dan efektifitas kegiatan kelompok kendali mutu gugus sekolah.

Dari kegiatan itu juga, kata Iwong, kepala sekolah bisa menyusun dan membuat program kerja bulanan, sebagai tindak lanjut dari kegiatan mingguan K3S.

Sementara itu, Ketua K3S Gencar II, Kusnadi, S.Pd, mengatakan, upaya pengendalian mutu pendidikan di sekolah, membutuhkan kepala sekolah yang memiliki kompetensi tinggi.

“Maju-mundurnya sekolah, tidak terlepas dari peran kepala sekolah. Karena dia berperan sebagai kekuatan sentral, dan penggerak aktifitas/ kehidupan di sekolah. Dan pengendalian mutu pendidikan di sekolah merupakan salah satu tolak ukur kinerja kepala sekolah,” pungkasnya. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply