Potensi Wisata Bulak Benda Pantai Madasari Masih “Perawan”

29/02/2012 0 Comments

Kawasan Obyek wisata Pantai Madasari masih perawan, belum tersentuh penataan. Pemdes dan warga setempat, minta Pemkab. Ciamis berikan perhatian. Foto : Ukan Wahyu Affandi/HR.

Cimerak, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa Masawah Kec. Cimerak mengharapkan penataan potensi Obyek Wisata Bulak Benda Pantai Madasari. Pasalnya, kawasan itu terbilang masih perawan karena belum tersentuh penataan kawasan wisata.

Kades Masawah, Tohidin Ridwan, Selasa (14/2), di ruang kerjanya, mengatakan, keberadaan potensi obyek wisata Pantai Madasari lokasi berdekatan dengan wisata Pantai Batukaras Desa Batukaras Kec. Cijulang.

Menurut Tohidin, wilayah tersebut belum dijadikan sebagai tujuan wisata para pengunjung, lantaran tidak adannya program promosi. Padahal, panorama juga keindahan yang dimiliki Pantai Madasari tidak kalah menariknya dengan Pantai Batukaras dan Pangandaran.

Tohidin menilai, penyebab potensi Obyek Wisata Pesisir Pantai Madasari belum begitu dikenal oleh wisatawan, diantaranya karena sarana-prasarana akses jalan dan jembatan penghubung wilayah Batukaras menuju Madasari belum tersedia.

Pada kesempatan itu, Tohidin mengungkapkan harapannya, agar Pemkab. Ciamis memberikan perhatian, dengan mengupayakan bantuan pembangunan sarana-prasarana untuk menunjang pengembangan potensi wisata di daerah tersebut.

“Bantuannya bisa dari Pemkab. Ciamis, Propinsi atau bahkan dari Pusat. Kami ingin potensi ini dikembangkan seperti halnya Pangandaran. Panorama Obyek Wisata Bulak Benda Pantai Madasari posisinya memanjang hingga ke perbatasan Desa Legok Jawa,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Tohidin, sebagian masyarakat setempat, selama ini menggantungkan hidup sebagai nelayan. Sedikitnya, 300 kilogram per-hari hasil tangkapan ikan dibawa ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) untuk dijual.

“Nelayan Bulak Benda Pantai Madasari, merupakan penduduk asli Desa Masawah. Adat dan budaya setempat perlu dilestarikan, sebagai warisan budaya bangsa yang tidak boleh hilang. Dan di masa yang akan datang, keberadaannya harus bisa dijadikan aset pariwisata nasional,” katanya.

Di tempat terpisah, H. Opang, pengamat budaya, mengungkapkan, bahwa dua kawasan obyek wisata yang ada di Desa Masawah Kec. Cimerak dan obyek wisata Pantai Batukaras di Kec. Cijulang tidak bisa dipisahkan.

Menurut Opang, keduanya memiliki potensi keindahan alam yang dapat memikat hati para wisatawan asing dan wisatawan domestik. Dia juga menilai, kedepannya obyek wisata pantai Batukaras dan Bulak Benda Madasari mampu bersaing dengan obyek wisata yang lainnya.

“Syaratnya, jembatan Sodongkopo yang terletak di kawasan Bandara Nusawiru dan obyek wisata Pantai Batukaras dibangun terlebih dahulu,” ungkapnya.

Opang memperkirakan, pembangunan jembatan Sodongkopo jadi sejarah baru pembangunan pariwisata taraf Nasional Provinsi Jawa Barat selatan tahun 2016. Termasuk jalur lingkar selatan, meliputi Garut Selatan, Tasik Selatan, dan Ciamis Selatan, melewati obyek wisata Pelatar Agung Kec. Kalipucang, yang berbatasan dengan Kab. Cilacap.

Dia berharap, Pemkab. Ciamis segera melakukan pemetaan dan penataan kawasan wisata yang belum tersentuh, termasuk dalam rangka merealisasikan pembangunan jembatan Sodongkopo, di wilayah Bandara Nusawiru. (ukan)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply