SMA Negeri 2 Ciamis Tempuh Sertifikat ISO

17/02/2012 Pendidikan
SMA Negeri 2 Ciamis Tempuh Sertifikat ISO

(Tunjukan Sebagai Sekolah Berkualitas)

Sebagai sekolah menengah terfavorit di Kabupaten Ciamis, SMA Negeri 2 Ciamis terus memperbaiki kualitas mutu dan manajemen sekalohnya. Saat ini, sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional itu, tengah menempuh persyaratan guna mendapatkan sertifikat SMM ISO 9000:28.

Tentunya, apabila sertifikat SMM ISO 9000:28 mampu diraih, akan semakin memantapkan sekolah ini menuju salah satu sekolah menengah berkualitas di Jawa Barat. Betapa tidak, dengan kurikulum berkualitas dengan ditunjang tenaga pendidik profesional yang rata-rata lulusan S2 serta didukung dengan fasilitas pendidikan lengkap yang ada di sekolah ini, akan semakin lengkap apabila manajemen sekolahnya sudah berstandar SMM ISO 9000:28.

Kepala SMA Negeri 2 Ciamis, Drs. H. Endang Rahmat, M.Pd, mengatakan, pihaknya terus melakukan peningkatan kualitas, baik dalam hal peningkatan mutu pendidikan maupun manajemen sekolah. Untuk peningkatan dalam hal manajemen sekolah, saat ini sekolahnya tengah menempuh prosedur dan persyaratan mendapatkan sertifikat SMM ISO 9000:28.

“Saat ini masih dalam tahapan implementasi yang merupakan tahapan persiapan sebelum dilakukan audit atau penilaian yang dilakukan oleh Tim ISO. Jika kita melihat dari persiapan dan kondisi yang ada di sekolah kami, insyaalloh kita bisa lolos dan mendapatkan sertifikat SMM ISO 9000:28,” ujarnya, kepada HR, belum lama ini.

Menurut Endang, biasanya sertifikat SMM ISO 9000:28 lazim dilakukan untuk menilai sebuah produk atau perusahaan. Apabila sudah mendapat sertifikat tersebut, misalnya, berarti produk dari perusahaan tersebut telah mendapatkan legalitas sebagai produk bermutu atau berkualitas.

“Nah, saat ini seluruh sekolah pun harus memiliki legalitas sertifikat tersebut. Tentunya, apabila sebuah sekolah sudah mendapatkan sertifikat ISO, berarti sekolah itu telah memiliki legalitas bermutu dan berkualitas,” terangnya.

Jika dilihat dari kesiapan SMA Negeri 2 Ciamis, baik dari Sumber Daya Manusia (SDM), fasilitas prasarana maupun sistem manajemen sekolahnya saat ini, tampaknya sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat tersebut. “ Mudah-mudahan bulan Juli mendatang, sebelum tahun ajaran baru, kita sudah mendapatkan sertifikat tersebut, “ imbuhnya.

SMA Negeri 2 Ciamis pun, jika diilhat dari prestasi akademik maupun non akademik, sudah menunjukan sebagai sekolah berkualitas. Dari nilai kelulusan Ujian Nasional (UN), misalnya, pada setiap tahunnya, selalu mendapatkan nilai kelulusan 100 %. Begitu juga pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) UN tingkat SMA se- Kabupaten Ciamis, sekolah ini langganan menjadi juara. Terlebih, pada LCC UN tahun 2011, SMA Negeri 2 Ciamis keluar sebagai Juara Umum.

Gelar Guru dan Siswa berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis pun, berasal dari sekolah ini. Bahkan, Drs. Mochammad Solehudin, M.Pd, Guru Biologi sekolah ini, berhasil mendapat gelar sebagai Guru Berprestasi tingkat Jawa Barat pada tahun 2011.

Dalam perlombaan akademik lainnya pun, sekolah ini pada tahun 2011 berhasil merebut gelar juara 2 Iptek Tertulis tingkat Nasional, Ranking ke –24 pada perlombaan Matematika tingkat Nasional dan Juara 2 Toepel se- Priangan Timur.

Sementara untuk prestasi pada perlombaan non-akademik, SMAN 2 Ciamis mendapat gelar Juara 1 pada perlombaan Nasyid se Priangan Timur, Juara 1 Sepakbola Tut Wuri Handayani sekaligus pemainnya menjadi pemain terbaik dan pelatihnya juga mendapat gelar terbaik, Juara 1 Silat se- Priangan Timur dan Juara 1 Maca Warta Sunda tingkat Provinsi.

Saking banyaknya prestasi yang diraih oleh sekolah ini, juga manajeman sekolahnya yang sudah dikelola secara profesional, membuat sejumlah SMA yang berstatus RSBI di Jawa Barat melakukan kunjungan study banding ke SMA Negeri 2 Ciamis. SMA RSBI di Jawa Barat tersebut, diantaranya SMA Negeri 1 Karawang, SMA Negeri 1 Majalengka dan SMA Negeri 3 Cimahi.

“ Insyaallah, kita juga dalam waktu dekat akan mendapat kunjungan dari SMA Negeri 9 Bandung. Mereka akan melakukan study banding mengenai penerapan kurikulum, pembinaan ekstrakulikuler dan manajemen sekolah yang diterapkan di sekolah kami. Intinya, mereka ingin mengetahui dan mempelajari keunggulan-keunggulan yang ada di sekolah kami, “ ujarnya, seraya menambahkan pihaknya pun belum lama ini mendapat kepercayaan dari Kemendiknas menerima pertukaran pelajar dari pelajar Australia.  ***

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles