Warga Cilame Keluhkan Jalan Rusak

29/02/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com), Warga Cilame Kelurahan Ciamis mempertanyakan rencana perbaikan jalan sepanjang 1,2 kilometer, lebar 2,5 meter yang menghubungkan RT 05/ RW 32 Cilame Kel. Ciamis dengan RT 02/ RW 30 Kelurahan Benteng.

Pasalnya, jalan yang terakhir kali diperbaiki pada tahun 1995 itu, kini kondisinya rusak dan berlubang. Warga dan pengguna jalan seringkali mengeluhkan kondisi rusak dan berlubangnya jalan tersebut.

H. Endut, warga setempat, Minggu lalu, mengatakan, jalan Cilame juga sering dilalui oleh pengunjung dari luar daerah, yang sengaja mencari Galendo produk khas Ciamis. Karena produk galendo yang ditetapkan sebagai makanan khas Ciamis ini, berada di wilayah Cilame Kel. Ciamis.

“Daerah ini, (Cilame-red) merupakan salah satu penghasil produk Galendo di Kab. Ciamis. Namun, sayangnya, akses jalan menuju sentra oleh-oleh Ciamis ini masih rusak,” ungkapnya.

Titi, warga Cilame lainnya, ketika dimintai keterangan, mengungkapkan, banyak warga di wilayah Cilame Kel. Ciamis memperbincangkan kondisi akses/ jalan, yang hingga kini masih dibiarkan rusak tersebut.

Menurut Titi, kerusakan di jalan Cilame sempat memakan korban. Ketika itu, kata dia, seorang pengendara roda dua (motor), terperosok dan jatuh, setelah melindas jalan yang berlubang.

Selain itu, akibat kondisi jalan rusak tersebut, pedagang baso dorong, mie ayam, dan penjual lainnya yang menggunakan roda, sejak lama enggan berjualan ke wilayah Cilame. Alasannya, karena kondisi jalan yang akan mereka lalui dianggap menghambat perjalanan.

Titi juga menambahkan, warga Cilame sudah mengajukan perbaikan jalan kepada Pemerintah Kab. Ciamis, salah satunya melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) tahun 2011. Namun, hingga kini pengajuan warga untuk perbaikan jalan belum terealisasi. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply