Harga Sayuran Naik, Warung Nasi Kelimpungan

22/03/2012 0 Comments

(Imbas Rencana Kenaikan BBM,)

Imbas dari kenaikkan harga sayuran di pasaran yang terjadi saat ini sangat dirasakan oleh para pemilik warung nasi. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi April mendatang, mulai berimbas pada harga kebutuhan pokok di pasar tradisional. Hampir semua komoditas pertanian mengalami kenaikkan.

Meski tidak begitu signifikan, namun kenaikkan harga komoditas pertanian imbasnya sangat dirasakan oleh para pemilik warung nasi. Sebab, kenaikan itu terjadi di hampir semua jenis sayur-mayur, diantaranya cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah, kol, wortel, sawi hijau.

Seperti yang diungkapkan Uton Mulyana, salah seorang pemilik warung nasi di Jl. Kapten Jamhur. Uton mengaku kesulitan menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Pasalnya, harga masakannya tidak bisa dinaikkan karena akan berdampak pada penurunan omset.

“Menjelang kenaikkan harga BMM, kini harga bahan pokok sudah naik duluan, tapi kita sebagai pemilik warung nasi tidak bisa naikkan harga dagangan, nanti pelanggan akan berkurang,” ungkapnya, Senin (19/3).

Namun, jika kenaikan harga terjadi terus menerus, dirinya terpaksa akan mengurangi porsi sayuran yang dihidangkan. Sebelumnya, Uton sendiri telah mengurangi jumlah sambal dalam setiap porsi makanan di warungnya karena harga cabai yang terlalu tinggi.

Sementara menurut Dede, pemilik warung nasi di kawasan Terminal Banjar, mengatakan, bahwa dengan naiknya harga sayur-mayur di pasar membuat dirinya terpaksa harus menaikkan harga dagangannya.

“Kalau tidak disiasati seperti itu mungkin saya akan mendapatkan keuntungan yang tipis, atau bahkan malah merugi. Yang jelas saya berharap pemerintah dapat mencarikan solusinya, karena jika kenaikan harga sayuran ini terus terjadi, maka akan banyak pihak yang merasa kesulitan, terutama yang membuka usaha warung nasi seperti saya ini,” ungkap Dede. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply