Inspektorat Tegaskan Dana Harus Diganti 100%

22/03/2012 0 Comments

(Soal Dana Bumdes Mulyasari  yang Dijambret,)

Banjar, (harapanrakyat.com),- Terkait dengan hilangnya dana Bumdes Mulyasari sebesar Rp.99 juta, akibat aksi penjambretan tempo lalu. Inspektorat Kota Banjar berdasarkan hasil pemeriksaan menyatakan, uang harus diganti seratus persen/kembali utuh.

Inspektur Inspektorat Kota Banjar, Agus Eka Sumpana, SE., saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/3), mengatakan, hasil pemeriksaan telah dilaporkan kepada Walikota, dan nanti Walikota akan memanggil kepala desa Mulyasari.

Dalam melakukan pemeriksaan pihaknya, lanjut Agus, akan dilakukan secara normatif. Karena, bagi siapa saja yang menghilangkan aset pemerintah/negara, baik berupa barang ataupun uang, itu harus mengembalikan atau menggantinya 100%.

“Secara normatif, disitu ada dua tuntutan, yaitu tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi. Dan untuk masalah ini, yang hilangnya kan uang, jadi digantinya juga berupa uang, ya harus diganti keseluruhan,” katanya.

Mengenai siapa yang harus bertanggung jawab membayar atau mengembalikannya, hal itu tergantung hasil penilaian dari kepala desa sebagai komisaris.

Seperti telah diberitakan HR sebelumnya, dana raib akibat aksi penjambretan yang dilakukan orang tak dikenal terhadap dua pengurus Bumdes Desa Mulyasari di Jl. Purnomosidi, Desa Sinartanjung beberapa waktu lalu, setelah keduanya mencairkan uang dari BJB Cabang Banjar.

Atas kejadian itu, warga merasa sangat dirugikan sehingga mereka menuntut uang milik Bumdes secepatnya diganti. Pasalnya, sudah satu bulan warga belum mendapatkan kejelasan dari pihak Bumdes maupun pemerintah desa mengenai penggantian uang tersebut.

Saat melakukan pertemuan dengan pihak pemerintah desa dan pengurus Bumdes, warga menyampaikan beberapa point yang intinya uang tersebut hilang akibat kelalaian para pengurus. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply