Jelang Pilgub 2013, Kantor Kesbang Ciamis Mulai Lakukan Persiapan

22/03/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kab. Ciamis, mulai melakukan persiapan, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Meski pelaksanaan Pemilu, Pilgub (Pemilihan Gubernur), Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), masih terbilang jauh, yakni kurang lebih satu tahun.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kesbangpolinmas, Drs. Undang Sohbarudin, ketika ditemui HR, Senin (12/3), di ruang kerjanya. Menurut dia, persiapan tersebut merupakan langkah antisipasi untuk menyikapi kemungkinan yang bakal terjadi pada Pemilu.

Undang mengungkapkan, kesuksesan Pemilu tidak terlepas dari kordinasi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), terutama dalam hal sosialiasi kepada masyarakat, berkaitan dengan aturan pada pemilu.

Lebih jauh, Undang menyebutkan, iklim kondusif sangat penting bagi Kesbangpolinmas Kab. Ciamis. Dengan kata lain, masyarakat bisa lebih nyaman, dan aman dalam menyalurkan hak politik mereka.

Undang menjelaskan, Sosialisasi Pemilukada, akan disampaikan pada kelompok masyarakat dan sekolah. Dalam sosialisasi tersebut, masyarakat akan mendapatkan materi tentang UU Pemilu, jadwal pemilihan, dan prosedur pendaftaran.

Sementara untuk sosialisasi di tingkat sekolah, para siswa akan dikenalkan pada pembelajaran politik sejak dini. Soalnya, beberapa siswa di tingkat satuan sekolah, sudah berhak menjadi peserta/ pemilih.

Di samping itu, lanjut Undang, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada Hansip (Pertahanan Sipil). Hansip ini akan dipersiapkan di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara), dan berperan sebagai pengaman di daerahnya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Undang juga menyebutkan, Pilgub Jawa Barat rencananya akan digelar pada tanggal 24 Februari 2013. Sedangkan pelaksanaan kampanye mulai 6 hingga 20 Februari 2013.

“Kesbangpolinmas akan melakukan pemantauan, mencatat, dan melaporkan hasil Pemilu nanti. Jadwal Pileg dan Pilpres rencananya digelar pada tahun 2014. Dan untuk Pilgub akan digelar Februari2013,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply