Keberadaan Area Terbuka untuk Gelar Karya Kreativitas Seni dan Budaya di Kota Banjar

22/03/2012 0 Comments

Oleh : Eri K Wardana

 

Eri K Wardana

Memasuki tahun 2012 ini, untuk Pemerintah Kota Banjar di bawah kepemimpinan Walikota H. Herman Sutrisno akan mendapatkan lagi suatu peluang bagi perencanaan untuk penataan ruang terbuka (open space), dengan peruntukan bagi panggung terbuka, dimana di dalamnya bisa dijadikan untuk pentas seni dan budaya yang terdapat di Kota Banjar ini. Untuk kemudian diikuti dengan pembangunan fisiknya. Kesemuanya itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dengan leading sector Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan yang menjadi leading sector di Kota Banjar bagi kegiatan ini adalah Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Budaya dengan Dinas Pekerjaan Umum, Pertambangan dan Energi, yang mana dalam hal ini difasilitasi oleh Bappeda Kota Banjar.

Diharapkan panggung terbuka tersebut dapat mencerminkan ciri khas seni dan budaya yang terdapat di Kota Banjar, dengan dibangun menggunakan konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan. Sehingga akan memberikan suatu nuansa kenyamanan, kebersihan, keindahan dan keakraban, yang pada akhirnya akan membuat para pengunjungnya dan para pelaku seni dan budayanya menjadi berkesan, sehingga akan membuat mereka menjadi terkenang dan mau untuk datang lagi ke tempat tersebut.

Adalah merupakan suatu anugerah tersendiri bagi Kota Banjar, karena diharapkan dengan terwujudnya kegiatan tersebut akan dapat menjadikan kawasan disekitarnya menjadi bertambah ramah, sehingga terdapat suatu peningkatan nilai perekonomian bagi masyarakat. Pada akhirnya multi sector/lintas OPD sangat berperan ketika kegiatan tersebut selesai dibangun, dan mulai dinikmati dan dipakai oleh kita semua. Kemudian yang menjadi PR (pekerjaan rumah) dan harus didiskusikan lebih kanjut adalah masalah pemeliharaan dari bangunan tersebut, apakah mau oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ataukah oleh kita Pemerintah Kota Banjar selaku user-nya.

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah, harus lebih dioptimalkan lagi masalah penggalian potensi seni dan budaya yang terdapat di Kota Banjar ini yang selama ini terus diupayakan oleh Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan dengan dukungan dari segenap elemen masyarakat Banjar yang interest pada bidang tersebut, khususnya dari kalangan para seniman dan para budayawan yang ada di Kota Banjar ini. Sehingga pasca selesainya bangunan tersebut akan menjadi lebih optimal untuk dinikmati bersama oleh orang Banjar. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!