Kelurahan Sibuk Tertibkan Data Kependudukan

16/03/2012 0 Comments

(Jelang Pembuatan e-KTP,)

Banjar, (harapanrakyat.com).- Seiring dengan akan dilaksanakannya pemberlakuan dan pembuatan masal e-KTP di Kota Banjar yang direncanakan pada pertengan bulan April mendatang, maka setiap kecamatan melalui kelurahan/desa dibantu RT/RW setempat, berusaha untuk mendata ulang dengan melihat KK maupun KTP warganya.

Pasalnya, pemekaran RT/RW yang telah dilakukan Pemkot Banjar berdampak pada pembaruan alamat RT/RW dalam KK maupun KTP. Pemekaran tersebut dilakukan karena jumlah KK di setiap RT/RW sudah melebihi kapasitas. Selain itu, pemekaran RT/RW juga akan memudahkan penertiban kependudukan.

Kesibukan dalam penertiban kependudukan bukan hanya terjadi di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) saja, tapi juga di setiap kantor kelurahan/desa, salah satunya terlihat di Kelurahan Pataruman, Senin (12/3).

Menurut Kasie. Pemerintahan dan Kependudukan Kelurahan Pataruman, Dede Suryana, SIP., didampingi petugas Registrasi Pemerintahan dan Kependudukan, Citra Dewi Natalia, A.Md., bahwa syarat untuk pembuatan e-KTP yakni alamat RT/RW di KK maupun KTP harus sama.

“Setelah adanya pemekaran RT/RW, bagi warga yang mempunyai cetakan KK maupun KTP pada periode bulan Oktober 2011, maka dianggap sesuai dengan data yang ada di Disdukcapil. Sedangkan bagi pemilik KK maupun KTP yang dicetak sebelum periode Oktober 2011, otomatis harus diperbaharui, sebab datanya sudah tidak sesuai lagi,” terang Dede.

Dede juga mengatakan, sejak awal bulan Maret ini banyak sekali pemohon perorangan maupun secara masal yang datang untuk mengganti alamat RT/RW nya, dan meminta surat pengantar guna mengganti KK maupun KTP.

Pasalnya, syarat utama untuk membuat e-KTP adalah adanya KK, KTP, Surat Espenik (surat pemberitahuan NIK seumur hidup dari Disdukcapil), serta surat panggilan dari kecamatan setempat. (HND)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!