Kuota Haji Ciamis Hingga Tahun 2018 Sudah Penuh

29/03/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Antusias masyarakat muslim di setiap daerah dalam menjalankan Ibadah Haji sangat tinggi. Terbukti untuk di Kab. Ciamis, kuota tahun 2012 sampai dengan tahun 2018 sudah terisi penuh. Bahkan, kuota tahun 2019, hampir sudah terisi setengahnya.

Hal tersebut dikatakan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementrian Agama Kab. Ciamis, Drs H. U Badrul Uyun M.,M.Si., ketika ditemui HR, Selasa (27/3) di ruangannya. Dia mengatakan, antusias masyarakat Ciamis untuk menunaikan ibadah haji sangatlah tinggi, buktinya kuota haji hingga tahun 2019 saja sudah terisi.

Meskipun kuota tahun 2019 nanti habis, Kemenag tetap akan membuka pendaftaran calon jemaah haji untuk tahun berikutnya. Mengacu pada kuota tahun 2011, Jawa Barat mendapat 37.366 jemaah, sementara Kab. Ciamis 1.367 jemaah.

Uyun menjelaskan, kuota itu bisa saja berubah, soalnya ada kemungkinan penambahan kuota kursi bagi calon jemaah. Misalnya, kata dia, jemaah harusnya berangkat pada tahun 2013, namun karean ada tambahan kuota b isa berangkat pada tahun 2012.

Namun demikian, calon jemaah  yang akan mendaftarkan diri dihimbau bersabar, karena calhaj harus menunggu 8 tahun lagi, untuk pemberangkatan pada tahun 2019.

Dia menandaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 06 tahun 2010, syarat bagi yang belum memiliki Ijazah, surat nikah dan akta kelahiran, bisa diganti dengan surat keterangan dari kantor Kecamatan setempat.

Selain itu, karena banyaknya aliran, calon jemaah diminta melampirkan surat keterangan bukan anggota Ahmadiah, yang dikeluarkan MUI Desa, diketahui MUI Kecamatan dan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Pada kesempatan itu, Uyun juga menghimbau para calon jamaah tidak terbujuk rayuan pihak-pihak yang menyatakan bisa memberangkatkan haji dengan cepat, tanpa terlebih dahulu masuk daftar tunggu di Kemenag.

Rohanah (65), Calon Jamaah dari Mandalare Kec. Panjalu, mengatakan, kuota haji sudah penuh. dia mengaku harus menunggu pemberangkatan haji, untuk kuota Kab. Ciamis pada tahun 2019. “Harapan saya, ada penambahan jumlah kuota. Jadi saya bisa berangkat dan tidak menunggu waktu lama,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply