Paledah Posko Siaga Bencana Kec Padaherang

22/03/2012 0 Comments

Relawan Tagana dan TKSK Kec. Padaherang memberikan bantuan tenda darurat saat musibah puting beliung di Dusun Mekarasih Paledah beberapa waktu yang lalu. Foto : Madlani/HR.

Padaherang, (harapanrakyat.com),- Akibat seringnya bencana alam yang terjadi di wilayah Kec. Padaherang, Kab. Ciamis, kini Desa Paledah dijadikan sebagai Desa Siaga Bencana di Kec. Padaherang. Dan hal itu sudah menjadi agenda Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kabid Penanganan, Dinas Sosial Kab. Ciamis, Drs. Rudi Darmawan, mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim Tanggap Bencana (Tagana), dengan penanggungjawab tim yang diketuai Ade Deni.

Sebagai Desa Siaga Bencana, di sana juga rencananya akan didirikan posko Tanggap Darurat lengkap dengan peralatannya. “Kami berharap, nantinya Paledah jadi pintu masuk tanggap bencana di Kec. Padaherang,” kata Rudi.

Di tempat berbeda, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Padaherang, Rachmat Irmawan IJP, SIP., mengatakan, dalam mensosialisasikan ke tiap desa, pihaknya melibatkan Karang Taruna Desa. Tujuannya agar setiap kejadian yang ada di wilayah Kec. Padaherang selalu terkoordinasi.

“Wilayah Kecamatan Padaherang memang rawan bencana. Kejadian alam yang luar biasa seperti angin puting beliung pernah terjadi di Desa Paledah, Maruyungsari dan Desa Sukanagara. Untuk itu, dalam sosialisasi kami juga melibatkan KNPI Kecamatan Padaherang, hal itu untuk mempererat jalinan pemuda se-Kecamatan Padaherang. Terbukti sampai sekarang untuk mengkondisikan pemuda di Kecamatan Padaherang sangat mudah,” tutur Rachmat.

Menurut Rachmat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis juga turut menindaklanjutinya, yakni dengan mempersiapkan tenaga sukarelawan dari Padaherang untuk mendapat pelatihan di Bandung.

Dia menyebutkan, tujuh sikarelawan yang mengikuti pelatihan di Bandung diantaranya, Drs. Rudi Darmawan, Komandan Tagana Ciamis, Ade Deni, TKSK Padaherang, Rachmat Irmawan IJP, SIP, Ketua KNPI Kec. Padaherang, Solihudin, SIP, tokoh agama Desa Paledah, Warino, Karangtaruna Desa Paledah, dan Madlani. Pelatihan itu rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2012. (Madlani)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!