Pembangunan Pasar Gunung Kelir Dua Tahun “Terkatung-katung”

08/03/2012 0 Comments

Pembangunan Pasar Gunung Kelir di Langkaplancar sudah dua tahun ini terkatung-katung. Warga mempertanyakan rencana revitalisasi pasar desa. Foto : Andri S Hamara/HR.

Langkaplancar, (harapanrakyat.com),- Warga kampung Cibeurem Desa Cimanggu Kec. Langkaplancar mempertanyakan setatus pasar Gunung Kelir yang sampai sekarang belum juga dibangun. Padahal, menurut warga pihak desa sudah pernah berjanji akan melakukan revitalisasi/ membangun kembali pasar tersebut.

Seorang pedagang pasar Gunung Kelir yang enggan dikorankan namanya, Kamis, (1/3), mengatakan, pembongkaran pasar lama sudah dilakukan pada pertengahan tahun 2010. Namun, setelah itu, kabar pembangunan pasar tidak juag terealisasi hingga sekarang, yang sudah menginjak tahun 2012.

Kepada HR, dia mengungkapkan, kios miliknya sudah dibongkar. Dia menyesal sudah mengiyakan/ menuruti pembongkaran, jika melihat kondisi seperti sekarang ini. Warga pasar lainnya juga mengalami hal yang serupa.

“Dulu pihak desa bilangnya, pembangunan pasar akan segera dilakukan, karena uangnya sudah ada, dan warga pasar kala itu menyetujui pembongkaran pasar. Sekarang nasib pembangunan pasar jadi tidak pasti, apalagi Kepala Desanya sudah berganti,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Hendra (32), warga lainnya, juga menyayangkan pembongkaran pasar tersebut. Kini, warga pasar Gunung Kelir tidak lagi dapat bertransaksi jual-beli (berjualan), seperti 2 tahun sebelumnya.

“Alasan lainnya, kondisi pasar sudah tidak layak lagi untuk digunakan berjualan,” katanya.

Di tempat yang sama, Solihin (40), warga Pasar Gunug Kelir, Kamis (1/3), mengungkapkan harapnnya, agar Pemkab. Ciamis segera merealisasikan pembangunan pasar. Hal itu demi kelancaran roda perekonomian warga di Desa Cimanggu dan warga Langkaplancar.

Ketika dikonfirmasi HR, Kepala Desa Cimanggu, Dadi, Senin (5/3), membenarkan, pembangunan pasar Gunung Kelir tertunda. Alasannya karena anggaran pembangunan pasar tersebut hingga kini belum dapat dicairkan.

Menurut Dadi, pihaknya sudah meminta keterangan dari Bidang Cipta Karya Dinas Cipta Karya dan Kebersihan Kab. Ciamis. Dan keterangan yang dia dapat pada bulan Oktober 2011, pembangunan pasar belum bisa dilakukan, lantaran masih ada kendala.

Namun begitu, Dadi mengaskan, pihaknya akan terus mengupayakan pembangunan pasar Gunung Kelir direalisasikan dengan segera. Dia berharap, para pedagang bisa berjualan seperti sediakala. (andri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!