Pengunjung Ragukan Keamanan & Retribusi Parkir Taman Raflesia

29/03/2012 0 Comments

Ketakutan hilang serta diduga sektor penghasil PAD bocor

Sektor parkir di taman Raflesia alun-alun Ciamis sangat potensial. Namun, pengunjung khawatir, keamanan kendaraan yang merka parker lantaran tidak dikarcis. foto : Deni Supendi/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pengunjung taman raflesia/ alun-alun Ciamis mempertanyakan jaminan keamanan kendaraan yang diparkir . Pasalnya, petugas parkir kerap kali tidak memberikan nomor/ karcis kepada pengunjung. Selain faktor keamanan, pengunjung meragukan retribusi parkir taman raflesia masuk menjadi pendapatan asli daerah (PAD).

Tedi, (20), pengunjung asal Banjarsari, beberapa waktu lalu, mengaku, setiap malam minggu sering merasa khawatir akan keamanan kendaraan roda dua miliknya yang diparkir di sekitar alun-alun Ciamis.

“Memang ada petugas parkir, tapi saya tetap saja tidak tenang. Apalagi motor yang diparkir tidak boleh dikunci. Alasannya agar motor mudah dipindah-pindahkan, ditambah petugas tidak pernah memberikan karcis atau nomor, saya jadi sangsi akan keamanannya (motor-red),” ungkapnya.

Hal serupa disampaikan Redi (21), pengunjung asal Langkaplancar, mengatakan, sebaiknya setiap kendaraan yang diparkir diberikan nomor/ karcis untuk menjaga keamanan kendaraan, dan mengantisipasi pencurian.

“Jika terjadi kehilangan, petugas parkir pasti tidak mau bertanggung jawab atau menggantinya. Setidaknya, dengan adanya karcis/ nomor, petugas parkir bisa melakukan pengawasan terhadap kendaraan milik pengunjung,” ungkapnya.

Redi dan Tedi berharap, Pemerintah Kab. Ciamis memberikan pembinaan rutin kepada petugas parkir. Di samping itu, keduanya menilai, karcis parkir bisa mempermudah Pemerintah mengawasi pemasukan, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir.

“Sektor parkir ini sangat potensial, dan menjadi sumber PAD Ciamis yang bisa diandalkan. Jika tidak diawasi dan ditangani dengan baik, potensi ini bisa jadi tidak masuk kas daerah, atau hanya dinikmati sekelompok orang. Buktinya, sekarang sudah banyak orang bisa hidup dan menghidupi kebutuhan keluarga dari sektor ini,” ungkap Redi.

UPTD Parkir Ngaku Sudah Optimalkan Petugas Parkir

Menanggapi hal itu, Kepala UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kab. Ciamis, Rahmat, Kamis (22/3), menegaskan, pihaknya sudah menghimbau petugas parkir, untuk meminta pengunjung atau pemilik kendaraan mengunci kendaraan mereka.

Sedangkan soal karcis atau penomeran, Rahmat mengungkapkan, bahwa karcis parkir sudah disediakan. Bahkan, pihaknya sudah membagikan karcis tersebut kepada para petugas parkir.

“Kami sudah mengoptimalkan semuanya. Fasilitas karcis sudah kami sediakan. Pembinaan petugas juga sudah kami lakukan,” ungkap Rahmat.

Termasuk, kata Rahmat, beberapa waktu lalu, pihaknya sudah menggelar kegiatan pembinaan petugas parkir, untuk pengamanan kendaraan di area parkir, yang dilakukan bersama jajaran Polres Ciamis. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply