PPI Cikidang Tak Kunjung Selesai, Pemprov Janji ‘Suntik’ Dana Rp. 32 Milyar

16/03/2012 0 Comments

Pangandaran, (haraanrakyat.com),- Belum rampungnya pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang Pangandaran, yang sejak dari tahun 2004 terus dilakukan pembangunan, akhirnya mendapat perhatian serius dari Pemprov Jabar. Beberapa waktu lalu, Ketua DPRD Jabar, Ir. Irfan Suryanagara, sejumlah Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jabar dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelutan Jabar, Ir Ahmad Hadadi, melakukan pertemuan dengan organisasi nelayan Pangandaran.

Menurut Anggota Komisi B DPRD Jabar, Irwan K. Koesdradjat, pertemuan tersebut guna mendengarkan langsung aspirasi nelayan mengenai PPI Cikidang yang sudah bertahun-tahun dilakukan pembangunan, namun belum juga kunjung selesai. “ Kita dari DPRD Jabar ingin mendengarkan langsung dari nelayan mengenai kebutuhan apa saja yang harus dibangun untuk menyelesaikan pembangunan PPI Cikidang, “ ujarnya, kepada HR, Selasa (12/3).

Irwan menjelaskan, dari hasil pertemuan yang digelar bulan Januari lalu itu, pada prinsipnya nelayan ingin membangun sebuah PPI yang refresentatif untuk kebutuhannya dan ingin segera dituntaskan pembangunannya tahun ini.

Setelah menjaring aspirasi dari nelayan, lanjut Irwan, pihaknya langsung melakukan pembahasan dalam rapat kerja mengenai PPI Cikidang dengan Dinas Perikanan dan Keluatan Pemprov Jabar. “ Akhirnya, muncul kesanggupan dari Pemprov Jabar menggelontorkan dana sebesar Rp. 32 milyar untuk membantu menuntaskan pembangunan PPI Cikidang, “ ujar Anggota DPRD Partai Demokrat dari Dapil X Jabar (Ciamis, Banjar dan Kuningan) ini.

Irwan mengungkapkan bantuan anggaran sebesar Rp. 32 milyar sudah menjadi komitmen Pemprov Jabar dan DPRD Jabar dalam membantu menuntaskan pembangunan PPI Cikidang. “ Kalau saya boleh bilang, kita merasa prihatin PPI Cikidang sudah bertahun-tahun pembangunannya belum tuntas. Sementara PPI tersebut sangat dibutuhkan oleh para nelayan,” katanya.

Hanya saja, sambung Irwan, mengenai penganggarannya apakah akan dialokasikan pada tahun anggaran perubahan tahun 2012 atau dianggaran murni 2013, tergantung dari kesanggupan anggaran Pemprov Jabar.

“ Tetapi kita akan coba apakah bisa dianggarkan langsung sebesar Rp. 32 milyar dianggaran perubahan tahun 2012 ini. Kalau ternyata tidak bisa, maka kita akan anggarkan secara bertahap,” ujarnya.

“Misalnya, dianggaran perubahan 2012 ini kita anggarkan dulu sebesar Rp. 10 milyar. Sementara sisanya kita anggarkan di APBD murni tahun 2013. Yang pasti, kita sudah komitmen untuk membantu menuntaskan pembangunan PPI Cikidang, “ paparnya menambahkan.

Irwan pun meminta Pemkab Ciamis terus aktif mengajukan anggaran ke pemerintah pusat untuk menuntaskan pembangunan PPI Cikidang. “ Karena anggaran Pemprov juga sangat terbatas. Makanya kita minta Pemkab aktif melakukan upaya ke pemerintah pusat untuk mengajukan anggaran,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Rukun Nelayan Pangandaran, Ade Entik, mengatakan, sudah hampir 9 tahun, pembangunan PPI Cikidang belum juga tuntas. Pihaknya berharap, pembangunan PPI tersebut bisa tuntas pada tahun ini.

“ Akibat PPI Cikidang belum selesai, membuat kapal-kapal ikan dari daerah lain enggan bongkar muat di pantai Pangandaran. Bahkan kapal 30 gt milik Ciamis pun, terpaksa harus bongkar muat melalui kapal katir sejauh 100 meter dari bibir pantai Pangandaran, “ pungkasnya, kepada HR, Senin (11/3). (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply