Proses Penelitian Tambang di Parigi Belum Dapat Izin?

08/03/2012 0 Comments

Bidang ESDM dan BPPT Kab. Ciamis mengaku Terkejut

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Kab. Ciamis mengaku terkejut, pihaknya tidak mendapat laporan soal penelitian pertambangan pasir besi di wilayah Kec. Parigi. Pasalnya, CV. Parigi Indomanning Sakti, sudah melakukan peneletian di wilayah Desa Cibenda Kec. Parigi. Bahkan, penelitian yang dilakukan perusahaan tersebut, menuai penolakan dari warga setempat.

Sementara itu, Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) Kab. Ciamis juga menegaskan, bahwa Kec. Parigi tidak termasuk wilayah pertambangan.

“Perlu kami tegaskan, Wilayah Pertambangan di Kab. Ciamis hanya ada di wilayah Cimerak,” ungkap Kabid ESDM, Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Kabupaten Ciamis, H. Yogi, Senin (5/3) di ruang kerjanya.

Kepada HR, Yogi mengaku kaget, mendengar soal penelitian yang dilakukan investor tambang pasir besi di wilayah Kec. Parigi. Menurut dia, pemerintah Desa Cibenda dan Perusahaan CV. Parigi Indomanning Sakti tidak berkordinasi dengan pihaknya.

“Harusnya pihak Desa dan Perusahaan berkoordinasi dulu. Soalnya, Parigi bukan termasuk wilayah eksplorasi tambang. Itu tertuang dalam RUTR Kab. Ciamis,” Paparnya.

Yogi menandaskan, berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 4 (empat) Tahun 2009, tentang Tambang dan Batubara, para investor pertambangan diwajibkan mengikuti tahapan yang sangat ketat, termasuk harus mentaati RUTR dari wilayah yang akan diteliti.

“Investor yang akan meneliti, selain tidak boleh melanggar UU, juga tidak boleh melanggar  RUTR. Meskipun dalam UU Investasi, sah-sah saja kalau hanya ingin melakukan penelitian, kami minta pihak Desa dan Investor segera berkoordinasi dengan Pemkab. Ciamis,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kab. Ciamis, Drs. Durachman, juga terkejut dengan kabar penelitian pertambangan yang dilakukan di wilayah Kec. Pairigi, apalagi berbuntut penolakan dari warga.

Menurut dia, RUTR Kab. Ciamis menyatakan, bahwa Kec. Parigi bukan area pertambangan, termasuk penelitiannya juga tidak mendapatkan izin. Untuk itu, pihaknya meminta investor dan pemerintah setempat segera melakukan komunikasi dengan BPPT.

“Secara RUTR Parigi bukan wilayah Pertambangan, artinya untuk penelitian sekalipun tidak di-izinkan,” Pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!