Tanah Pemkab di Kel. Sindangrasa tak Terawat, Warga Minta Diberi Ijin untuk Mengelola

Tanah Pemkab di Kel. Sindangrasa tak Terawat, Warga Minta Diberi Ijin untuk Mengelola

Lahan Milik Pemkab. Ciamis, yang kini dikelola Kelompok Usaha Mandiri Lodaya Kemitraan Polres Ciamis tidak terawat. Warga minta diberi ijin untuk mengelola, daripada lahan yang potensial itu tidak dimanfaatkan. Foto : Eli Suherli/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Keberadaan lahan/ tanah kosong seluas + seratus bata milik Pemerintah Kab. Ciamis, yang berlokasi di RT 01 RW 09 Kel. Sindangrasa Kec. Ciamis terkesan tidak terawat dan kurang perhatian. Padahal, di lahan tersebut terdapat 8 kolam, yang bisa dimanfaatkan atau difungsikan untuk kegiatan usaha produktif, seperti perikanan.

Nur Muttaqien, Tokoh Pemuda Minggu (18/3), mengatakan, saat ini kondisi lahan yang memiliki 8 kolam tersebut kurang terurus. Menurut dia, di lokasi juga terpampang papan informasi, yang menyebutkan lahan itu dikelola oleh Roy Nugroho, melalui program Usaha Mandiri Lodaya Kemitraan Polres Ciamis.

“Jika itu lahan pemerintah, kenapa tidak difungsikan dengan baik? Padahal, dulu masyarakat sekitar pernah punya keinginan untuk memanfaatkan dan mengelola lahan tersebut. Tapi tidak diberi ijin, alasannya khawatir jika lahan sudah dikelola masyarakat, kadang sulit jika akan diminta dan akan digunakan pemerintah,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, menurut informasi yang dia terima, awalnya lahan tersebut akan dijadikan area pengisian bahan bakar minyak (Pom Bensin), namun karena lokasi titu tidak memungkinkan, akhirnya dibuat kolam untuk pembibitan ikan. Sayangnya, sejak itu pula, pembibitan ikan tidak pernah terwujud, akibatnya lahan menjadi gambut.

Pada kesempatan itu, Nur Muttaqien menilai, lahan tersebut sangat strategis seandainya dimanfaatkan untuk usaha perikanan. Soalnya, saluran pengairan ke area lahan itu tergolong cukup lancar.

Menindaklanjuti hal itu, Nur Muttaqien dan warga setempat, akan mencoba meminta kejelasan kepada Pemkab. Ciamis dan pihak Polres, soal lahan yang saat ini tidak terurus tersebut.

Setelah kejelasan status tanah dia dapatkan, Nur Muttaqien berharap, lahan tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk kegiatan usaha perikanan. Dengan begitu, warga bisa memperoleh pendapatan baru, dari keberadaan tanah yang ada di sekitar mereka.

Di tempat sama, Ketua RT 01, Anin, mengatakan, sejak lahan itu berstatus dikelola Polres Ciamis, di lahan tersebut tidak pernah terlihat adanya kegiatan usaha. Bahkan, saat ini kondisinya tidak terawat dan ditumbuhi ilalang.

Anin berharap, warganya bisa mengelola lahan dan kolam kosong tersebut, untuk kepentingan usaha perikanan. Dia menegaskan, warganya tidak akan menguasai lahan itu, seperti yang dikhawatirkan pemerintah.

“Kami hanya ingin memanfaakannya saja. Daripada lahan dan kolam kosong itu tidak terurus seperti sekarang,” ungkapnya. (es) 

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles