Tanpa Palang Pintu, Perlintasan KA di Balokang Rawan

22/03/2012 0 Comments

Tanpa dilengkapi palang pintu, jalan perlintasan kereta api (KA) di wilayah Balokang dianggap rawan kecelakaan. Hal itu membuat para pengguna jalan khawatir ketika akan melintasinya. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Tidak dilengkapinya palang pintu di perlintasan kereta api (KA) yang berada di wilayah Desa Balokang, membuat para pengguna jalan merasa khawatir ketika akan melintasi.

Seperti diungkapkan Kasija, warga Dusun Karang Tengah. Menurut dia, satu-satunya akses jalan paling dekat dari Karang Tengah menuju Balokang memang harus melalui jalan tersebut.

“Jalan ini merupakan salah satu jalur penghubung antara Karang Tengah dengan Balokang, sehingga banyak warga dari kedua wilayah itu yang memanfaatkannya. Namun, harus hati-hati saat akan melintas, sebab,   perlintasan KA tidak dilengkapi palang pintu,” tuturnya, Senin (19/3).

Kasija juga mengatakan, meski sudah dilengkapi rambu-rambu, tapi sering kali   ada pengguna jalan yang tidak mematuhinya. Selain itu, jarak pandang ke arah jalur rel KA bagi kendaraan yang datang dari Karang Tengah memang kurang jelas.

Warga menganggap, kondisi seperti itu menjadi rawan kecelakaan. Dengan demikian, para pengguna jalan, khususnya pengemudi kendaraan berharap jalan perlintasan KA yang ada di Balokang secepatnya dilengkapi dengan pintu perlintasan.

“Jangan menunggu dulu adanya korban seperti kecelakaan yang terjadi baru-baru ini di jalan perlintasan KA, daerah Cibeureum, Tasikmalaya. Karena, tidak semua pengguna jalan sadar akan pentingnya mematuhi rambu-rambu,” ujar Kasija.

Kekhawatiran serupa dikatakan Asep, warga Balokang. Menurutnya, demi menjaga keselamatan warga dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, selain dipasangi pintu perlintasan, sebaiknya pemerintah meminta kepada pihak PT. KAI untuk memasang jadwal kereta api yang akan melintas, supaya warga dapat mengetahuinya. “Mungkin hal itu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan,” kata Asep. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply