Tujuh Tahun, Kondisi Pustu Talagasari Rusak Parah

29/03/2012 0 Comments

Daun Pintu kantor Pustu Talagasari Kawali Nampak lepas dari kusen. Kerusakan tersebut sudah berlangsung lama. Pemerintah diminta anggarkan fasilitas kesehatan masyarakat itu. Foto : Edji Darsono/HR.

Kawali, (harapanrakyat.com),- Kantor Puskesmas pembantu (Pustu) di Dusun Cigintung, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, kondisinya rusak. Hampir semua dinding ruangan lapuk, dan bagian daun pintu jebol, lantaran kusennya keropos. Warga setempat meminta pemerintah Kab. Ciamis segera memberikan bantuan berupa perbaikan/ rehab.

Saat ditemui HR, Senin (26/3), Kepala Pustu, Eros Rosmiati, di ruang kerjanya, mengatakan, kerusakan kantor Pustu tersebut sudah berlangsung hampir tujuh tahun. Dia juga membenarkan dinding dan daun pintu Kantor Pustu lapuk dimakan usia.

Menurut Eros, dirinya dan pegawai yang bertugas di Kantor Pustu kerap dihantui rasa was-was. Mereka khawatir, jika sewaktu-waktu bangunan Kantor Pustu ambruk dan menimpa penghuninya.

Senada dengan itu, Imas, Am.Keb., petugas kesehatan di Kantor Pustu, mengatakan, tidak hanya pegawai, kekhawatiran juga dirasakan oleh sejumlah pasien yang datang berobat ke Pustu.

Imas mengungkapkan, kerusakan juga terjadi bukannya hanya pada kantor pelayanan, melainkan Rumah Dinas dokter/ tenaga kesehatan juga mengalami kerusakan.

Dia menandaskan, seandainya Kantor Pustu dan Rumah Dinas Kondisinya baik, bisa dipastikan pelayanan kesehatan bagi pasien sakit, layanan persalinan dan lainnya, bisa dilakukan di tempat tersebut.

Meski begitu, kata Imas, petugas Pustu Desa Talagasari tetap menjalankan tugas melayani kesehatan masyarakat sebagaimana mestinya. Demi kelancaran aktifitas di Pustu, pihaknya berharap Pemkab. Ciamis segera merealisasikan bantuan perbaikan bangunan. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!