Wabup Resmikan Pembangunan Ponpes Daarul Hikam Panyingkiran

22/03/2012 0 Comments

Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin saat meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Ponpes Daarul Hikam Panyingiran Ciamis yang didirikan oleh KH. Dede Surachman, Sabtu (17/3). Foto : Subagja Hamara/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, meresmikan pembangunan Pondok Pesantren Daarul Hikam Panyingkiran Kecamatan Ciamis, Sabtu (17/3). Ponpes yang didirikan oleh KH. Dede Surachman ini, berlokasi di kampung Legok, Dusun Gunungsari, Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis.

Dalam sambutannya, Iing mengaku bangga masih banyak kaum ulama yang memiliki keinginan mendirikan pondok pesantren sebagai sarana syiar agama islam. Hanya, dia berpesan, ketika sebuah Ponpes sudah berdiri, agar pengasuhnya bisa merawatnya dengan baik.

“ Karena jangan sampai ada bangunan bekas pesantren. Kalau itu ada, sungguh sangat memprihatinkan. Pesantren harus kita jaga keberadaanya. Karena melalui pesantren ini, syiar islam terus menggema,” ungkapnya.

Iing juga mengatakan, lokasi pendirian Ponpes Daarul Hikam yang dibangun di kampung Legok Panyingkiran, tampaknya memiliki nuansa yang berbeda. Pasalnya, lingkungan di kampung tersebut masih asri karena berada di tengah lembah yang dikelilingi pohon besar yang rindang.

“ Bisa juga pesantren ini nantinya dibuat Ponpes berbasis lingkungan, “ ujarnya.

Sementara itu, Pendiri Ponpes Daarul Hikam Panyingkiran, KH. Dede Surachman, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Wakil Bupati Ciamis yang telah mendukung berdirinya Ponpes Daarul Hikam.

Menurut Dede, Ponpes yang didirikannya, akan bekerjasama dengan tiga pesantren yang sudah berdiri, yakni Pesantren Tauhid At- Tafid Langensari Banjar, Pesantren Kerincing Magelang dan Pesantren Temboro Madiun.

“ Jadi, setelah pembangunan Ponpes ini selesai, tiga pesantren itu akan mengirimkan Ustad dan santrinya untuk mengisi pesantren ini, sebelum pesantren ini memiliki santri sendiri, “ ujarnya.

Menurut Dede, Ponpes Daarul Hikam ini berbasis ruhiyah (limu hati), sehingga nantinya akan banyak kegiatan pengajian dan dzikir yang diperuntukan bagi siapa saja yang ingin mengaji di Ponpes-nya. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply