Warga Minta Jalan Lingkar Selatan Segera Dituntaskan

22/03/2012 0 Comments

(Kerap Terjadi Kecelakaan,)

Spanduk dipasang oleh warga setempat buntut kekesalan menyusul sering terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat belum rampungnya pembangunan jalan Lingkar Selatan. Foto : Subagja Hamara/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Belum rampungnya pembangunan jalan Lingkar Selatan di wilayah Desa Panyingkiran Kecamatan Ciamis, ternyata berbuntut petaka bagi sebagian pengendara jalan yang melintas ke jalan tersebut. Pasalnya, di ruas jalan yang baru dibangun separo itu, kerap terjadi kecelakaan lalu lintas, terutama di tikungan jalan sempit yang berada di jalan Lingkar tersebut.

Menurut warga Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Abun Yaman (52), akibat pembangunan jalan yang dikerjaan baru diselesaikan separo jalan, membuat kendaran yang melintas dari dua arah berlawanan menggunakan jalur jalan yang sama, yakni jalan yang sudah dibangun. Karena, jalur jalan yang sebagian lagi, terhalang oleh tumpukan batu matrial, sehingga pengendara kendaraan bermotor tidak bisa menggunakan jalurnya.

“ Akibatnya, di salah satu tikungan, kerap terjadi kecelakan. Hal itu dikarenakan pengendara melintas dijalur jalan yang sama, ditambah tidak terlihatnya pengendera yang melintas didepannya, lantaran posisi jalannya sedikit berbelok. Menurut warga yang melihat, sudah tiga kali terjadi kecelakaan di tikungan tersebut,” ujarnya, kepada wartawan, Selasa (20/3).

Menurut Abun, adanya spanduk yang dipasang warga, yang memuat pesan protes ke Pemkab Ciamis, merupakan bentuk kekesalan warga menyusul belum rampungnya pembangunan jalan, sehingga menyebabkan sering terjadinya kecelakaan.

“ Warga minta Pemkab segera menuntaskan pembangunan jalan Lingkar ini. Karena kalau terus dibiarkan, akan semakin menambah korban kecelakaan akibat belum tuntasnya pembangunan jalan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Binamarga, SDA dan ESDM Ciamis, Deden Wahidin, SE, didampingi Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Taufik Gumilar, ST, MT, mengatakan, belum rampung pembangunan jalan Lingkar Selatan, akibat diputusnya kontrak pihak ketiga, karena tidak sanggup mengerjakan proyek jalan tersebut sesuai dengan batas kalender yang ditentukan.

“ Pembangunan jalan Lingkar yang dikerjaakan pihak ketiga hanya mampu menyelesaikan 75 % pekerjaan. Sementara sisanya, akan kembali dilelang proyeknya pada tahun ini, “ ujarnya.

Menurut Taufik, sisa anggaran untuk pembangunan jalan Lingkar Selatan sebesar Rp. 1, 2 milyar. Anggaran tersebut diperuntukan guna menuntaskan pembangunan jalan tersebut sampai selesai. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply