Warga Mulyasari Demo Tuntut Dana BumDes Segera Diganti

16/03/2012 Headline
Warga Mulyasari Demo Tuntut Dana BumDes Segera Diganti

(Akibat Penjambretan ke Pengurus ,)

Sekitar 30 orang warga Desa Mulyasari, Kec/Kel. Pataruman, Kota Banjar, tengah melakukan negosiasi dengan pihak desa dan pengurus BumDes. Foto : Pepep RIswanto Akbar/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sekitar 30 orang warga Desa Mulyasari, Kec/Kel. Pataruman, Kota Banjar, pada Selasa siang (13/3), ramai-ramai mendatangi kantor desa untuk menuntut agar uang milik BumDes sebesar Rp.99 juta yang hilang segera diganti.

Sebelumnya, dana tersebut diketahui raib akibat aksi penjambretan yang dilakukan orang tak dikenal terhadap dua pengurus BumDes Desa Mulyasari di Jl. Purnomosidi, Desa Sinartanjung beberapa waktu lalu, setelah keduanya mencairkan uang dari BJB Cabang Banjar.

Atas kejadian itu, kini warga merasa sangat dirugikan sehingga mereka ingin uang milik BumDes secepatnya diganti. Pasalnya, sudah satu bulan warga belum mendapatkan kejelasan dari pihak BumDes maupun pemerintah desa mengenai penggantian uang tersebut.

Namun, aksi warga berlangsung tertib. Mereka diterima langsung oleh pihak pemerintah desa dan pengurus BumDes di aula kantor desa, untuk melakukan negosiasi/ memusyawarahkan apa yang menjadi tuntutan warganya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihak desa juga menghadirkan Camat Pataruman, Kapolsek Pataruman beserta anggotanya, dan petugas dari Satpol PP.

Dalam kesempatan itu, warga menyampaikan beberapa point kepada pemerintah desa dan pengurus BumDes. Pada intinya, hilangnya uang tersebut memang merupakan kelalaian, namun petugas yang membawa uang saat itu harus bertanggung jawab atas kelalaiannya.

Tapi, dalam musyawarah itu pihak pemerintah desa maupun BumDes belum bisa menyimpulkan atau menentukan mengenai berapa jumlah yang harus diganti, apakah harus diganti 100% atau tidak, karena masalah ini masih dalam proses penyelidikan Inspektorat dan menunggu hasil putusannya.

Sementara itu, Yudi, salah seorang warga, ketika ditemui HR usai negosiasi, mengaku, untuk saat ini warga merasa puas walaupun belum menuaikan hasil yang maksimal.

“Kami juga berterimakasih kepada pemerintah yang mau diajak bernegosiasi. Namun, kami pun berharap permasalahan ini segera dituntaskan, agar warga yang akan mengajukan pinjaman permodalan ke BumDes dapat segera terealisasi,” kataYudi. (PRA)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles