Biaya Personil Hansip di Pemilukada Diperkirakan Capai 5 Milyar

26/04/2012 0 Comments

Kesbang Polinmas Ciamis Agendakan Program Pelatihan Linmas/ Hansip

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2013 mendatang, diperkirakan anggaran pengamanan Hansip (pertahanan sipil) atau perlindungan masyarakat (Linmas) mencapai angka Rp. 5 milyar.

Selain itu, jumlah personil hansip juga diperkirakan bakal membengkak, hingga mencapai 10.644 orang. Sementara ini, jumlah Hansip di Kab. Ciamis yang sudah terdaftar berjumlah sekitar 8.275 orang.

“Dari jumlah itu, 3.468 diantaranya baru terlatih. Sementara sisanya, akan mengikuti pelatihan dalam waktu-waktu dekat, pada program pelatihan Linmas,” ungkap Undang Sohbarudin, Kepala Kesbang Polinmas (Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat), Kab. Ciamis, di sela-sela acara HUT Linmas ke 50.

Menurut Undang, pihaknya akan terus berusaha, membawa misi bagaimana dalam menghadapi beberapa agenda, seperti Pipres, Pilgub, dan Pilbup. Dan hal itu akan sangat membutuhkan partisipasi dan peran dari masyarakat luas.

Bupati Beri Santunan Bagi 30 Ahli Waris Linmas

Pada kesempatan Hari Ulang Tahun (HUT) Perlindungan Masyarakat (Linmas), Bupati Ciamis, H. Engkon Komara, memberikan santunan kepada 30 ahli waris Linmas, masing-masing mendapat Rp. 1 juta.

Dalam sambutannya, Engkon menyampaikan, uang santunan yang diberikan Pemerintah kepada ahli waris itu, merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kab. Ciamis kepada anggota Linmas atau Hansip, yang notabene bekerja tanpa pamrih.

Engkon menambahkan, keberadaan anggota Linmas/ Hansip di setiap daerah, sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya, memberikan bantuan dalam menangani pencegahan dan penanggulangan bencana, penyelamatan dan pertolongan korban, melaksanakan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta diperbantukan dalam pengamanan pemilu.

Lebih lanjut, Engkon menuturkan, bahwa Linmas adalah salah satu kekuatan masyarakat yang membantu aparat pemerintah, dalam memelihara keamananan, ketertiban, dan pertahanan Negara.

Bahkan rencananya, Bupati Engkon akan menyatukan Linmas dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). “Bagaimana juga, harus ada regenerasi Linmas/ Hansip. Mengingat, keberadaannya sangat dibutuhkan, meski sampai sekarang mereka bekerja secara sukarela,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!