Car Free Day Akan di Gelar di Jl. Letjen. Soewarto

12/04/2012 0 Comments

Guna terciptanya udara bersih dan bebas asap kendaraan bermotor, rencananya Pemkot Banjar akan menggelar Car Free Day setiap Minggu pagi dari jam 06.00-09.00 WIB, bertempat di Jl. Letjen. Soewarto. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Guna terciptanya udara bersih dan bebas asap kendaraan bermotor, saat ini Pemerintah Kota Banjar tengah melakukan persiapan hari bebas kendaraan bermotor, atau lebih dikenal dengan istilah Car Free Day.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika dan Pariwisata (Dishubkominfopar) Kota Banjar, Drs. H. Yoyo Suharyono, mengatakan, rencananya Car Free Day akan digelar setiap Minggu pagi dari jam 06.00-09.00 WIB, bertempat di Jl. Letjen. Soewarto.

Sedangkan, tujuan utamanya dalam rangkaian kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya udara bersih bagi kehidupan.

“Kami saat ini baru mempersiapkan rambu yang nantinya akan dipasang di lokasi pada saat digelar kegiatan tersebut. Sedangkan mengenai kapan pelaksanaannya akan dimulai, belum bisa memastikan karena sekarang masih dalam tahap persiapan,” kata Yoyo, Selasa (10/4).

Kemudian, yang menjadi tema penting dalam kegiatan Car Free Day adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah, atau gunakan kendaraan tidak bermotor maupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan menuju lokasi kegiatan.

Diharapkan nantinya masyarakat dapat menikmati hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day di kawasan Jl. Letjen. Soewarto. Berbagai aktivitas seperti bersepeda, panggung hiburan, dan atraksi komunitas sepeda bisa digelar di sepanjang jalan tersebut.

Rencana tersebut disambut baik oleh masyarakat, khususnya para pecinta sepeda onthel. Seperti dikatakan Nanang, pada HR. Menurut dia, Car Free Day di Kota Banjar memang perlu digelar, mengingat jumlah kendaraan bermotor saat ini sudah terlihat semakin meningkat.

“Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, tentu saja akan mempengaruhi meningkatnya polusi udara di Kota Banjar. Tapi kalau bisa waktu pelaksanaan Car Free Day jangan sampai jam 9, ya diperpanjang satu jam sampai jam 10,” harapnya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply