Pasar Tradisional Ciamis Perlu Ditata

26/04/2012 Headline
Pasar Tradisional Ciamis Perlu Ditata

(Tingkatkan Kenyamanan)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pedagang pasar tradisional/ pasar Manis Kab. Ciamis terus dituntut untuk mencari cara atau strategi, baik dari segi jaminan pelayanan dan juga produk, agar barang dagangan yang mereka tawarkan bisa laku terjual kepada konsumen.

Pasalnya, dalam waktu dekat ini, Ciamis Mall, yang berada di lahan eks Bioskop Pusaka Ciamis, akan segera dibuka aau diresmikan. Terlebih, Ciamis Mall menyediakan barang dan produk serupa yang diperdagangkan di pasar tradisional Ciamis.

Hal itu bisa berarti juga, bahwa pelanggan yang selama ini menjadi konsumen setia para pedagang pasar tradisional Ciamis, bisa beralih dan membeli barang serupa yang ada di Ciamis Mall. Karena layanan, fasilitas dan kenyamanan berbebelanja di tempat tersebut dianggap lebih terjamin.

Dede, pengunjung/ konsumen yang biasa berbelanja di Pasar Tradisional Ciamis, Selasa (24/4), mengatakan, pada dasarnya, konsumen menyukai rasa nyaman ketika akan melakukan shooping (belanja) kebutuhan sehari-hari di pasar.

“Bisa jadi, konsumen pasar tradisional Ciamis pindah ke Ciamis Mall, seandainya sudah dibuka. Terkecuali, jika Pemerintah melakukan penataan terhadap pasar tradisional Ciamis. Penataan itu tentunya, bertujuan untuk  memberikan kenyamanan terhadap konsumen,” katanya.

Menurut Dede, pemerintah juga harus memberikan perhatian terhadap nasib pedagang dan pengunjung pasar tradisional Ciamis. Dia mengutarakan, bahwa pasar tradisional Ciamis selama ini sudah menjadi salah satu sumber PAD bagi Pemkab. Ciamis.

Sementara itu, seorang pengelola Toko Pakaian di Pasar Tradisional Ciamis, yang enggan dikorankan, Selasa (24/4), mengatakan, Pedagang Pasar Tradisional Ciamis dan pedagang di Ciamis Mall memiliki pangsa pasar tersendiri.

“Dengan kata lain, saya menyakini, bahwa Pedagang disini (Pasar Tradisional-red), dan pedagang di Ciamis Mall punya rejekinya masing-masing. Meski fasilitas, sarana-prasana juga tata kelola pasarnya berbeda,” ungkapnya.

Namun begitu, dia tidak keberatan, seandainya Pemerintah Kab. Ciamis memberikan perhatian terhadap kondisi pasar tradisional. Yang salah satunya untuk melakukan penataan, demi kenyamanan di pasar tradisional Ciamis.

“Syarat lainnya, yang pasti jumlah konsumen bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Disperindag Belum Rencanakan Penataan Pasar Tradisonal Ciamis

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Ciamis, Drs. H. Asep Sudarman, Selasa (24/4), di sela-sela istirahat, di kantornya, mengatakan, pihaknya belum memiliki rencana untuk melakukan penataan pasar Tradisional Ciamis.

“Disperindag belum punya agenda itu. selain itu, pos anggaran untuk penataannya juga belum ada,” pungkasnya. (deni)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles