Pemdes Panyutran “Galakan” Pembangunan Infrastruktur Berbasis Lingkungan

19/04/2012 0 Comments

Salah satu hasil pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Desa Panyutran terus digalakan. Pembangunan tersebut tetap “bernuansa” lingkungan. Foto : Madlani/HR.

Padaherang, (harapanrakyat.com),- Akhir-akhir ini, lingkungan menjadi isu pokok dalam berbagai aktivitas masyarakat, salah satunya adalah kegiatan pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur memberikan dampak terhadap proses berkembangnya suatu tatanan kehidupan masyarakat, termasuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Tentunya, bila pembangunan tersebut memperhatikan aspek-aspek lingkungan, maka dapat menyelamatkan lingkungan dan mengurangi dampak fatalitas sebuah bencana.

Darsim (34), tokoh masyarakat setempat, juga pengurus Madrasah Darussalam, mengatakan, semangat masyarakat Desa Panyutran sangat beralasan. Menurut dia, “Kalau bukan kita (masyarakat-red) yang membangunnya, siapa lagi,” katanya.

Hal itulah yang sudah dilakukan Pemerintah Desa Panyutran, melalui pemberdayaan masyarakat, dalam upaya meningkatkan sarana perekonomian masyarakat, dengan membuka akses jalan dan gorong-gorong.

Pemerintah sebagai penanggung jawab dan penyelenggara infrastruktur jalan dan jembatan, wajib menyelenggarakan infrastruktur jalan dan jembatan yang berwawasan lingkungan, sehingga tercipta infrastruktur jalan dan jembatan yang berkelanjutan.

Di tempat terpisah, Kades Panyutran, Sabin, mengatakan, masyarakat sesungguhnya sangat berharap bantuan dari pemerintah. Dia mengakui, anggaran yang yang ada di Pemkab. Ciamis terbatas. Untuk itu, dia meminta agar bantuan pemerintah harus dibagi sesuai dengan hasil Musrenbang tingkat Desa. (Madlani)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!