Pemohon SIM Pemula Diberi Pembinaan Khusus

12/04/2012 0 Comments

(Tingkatkan Etika Lalu Lintas)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Ciamis berikan layanan pembinaan/ bimbingan bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) pemula. Program pembinaan itu bertujuan, untuk memberikan bimbingan belajar dalam beretika lalu lintas di jalan.

Baur SIM Polres Ciamis, Aiptu Anang Tri, Senin (9/4), mengatakan, pihaknya terlebih dahulu akan menggelar test atau ujian bagi pemohon SIM. Terkecuali, bagi pemohon pemula, akan diberi bimbingan materi soal wawasan lalu lintas.

Lebih jauh, Anang mengungkapkan, pelayanan dalam bentuk pembinaan/ bimbingan pembelajaran itu, dimaksudkan agar pengendara bisa bersikap sopan dan santun saat berkendara di jalan. Dengan harapan, agar pengendara bisa bersikap reflek dan hat-hati saat menjalankan kendaraan mereka.

Menurut Anang, bagi pemohon SIM pemula yang tidak lulus ujian akan diberi keringanan untuk mengikuti pembinaan dan ujian tahap lanjutan, setelah dua minggu kemudian. Sementara bagi pemohon yang akan memperpanjang masa berlaku SIM, bisa langsung mendatangi Polres Ciamis, atau petugas SIM keliling. Hal ini juga dimaksudkan untuk membantu aksebilitas mayarakat dalam memperoleh fasilitas dan kemudahan dari Polres Ciamis.

“Kami akan menyiapkan personil/ petugas di lapangan, bagi pemohon yang ingin memperpanjang SIM,” katanya.

Maka dari itu, Anang menambahkan, dia berharap dengan pembinaan/ bimbingan belajar lalin sebelum mengikuti tes, pemohon SIM pemula bisa menerapkan ilmu, ketika menjalankan kendaraan di jalan. Karena, semua itu demi keselamatan dalam berkendara. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply