PKL Mangkal, Rambu Larangan Parkir di Pasar Banjar Dicopot

26/04/2012 0 Comments

Sebagian rambu larangan parkir yang terpasang di kawasan Pasar Banjar dicopot pihak Dinas Perhubungan Kota Banjar. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebagian rambu larangan parkir yang terpasang di kawasan Pasar Banjar, tepatnya di bagian jalan utama pasar, dicopot. Menurut Kabid. Lalu-lintas Dinas Perhubungan Kota Banjar, Yayan Herdiaman, alasan pencopotan rambu karena di bagian jalan tersebut dijadikan tempat mangkalnya roda PKL.

Kemudian selain itu, meski rambu larangan parkir telah terpampang dengan jelas, namun tetap saja masyarakat memarkir kendaraannya, khususnya sepeda motor, bukan pada tempatnya.

“Daripada ada larangan parkir tapi tetap dipakai parkir, kan malah tidak etis. Dan mengenai PKL roda dorong, mereka itu memang ditempatkan di situ oleh pihak UPTD Pasar, karena katanya kasihan kalau tidak diakomodir,” ujar Yayan, saat ditemui HR di ruang kerjanya, Selasa (24/4).

Rencananya, lanjut dia, daun/plang rambu larangan parkir di lokasi itu akan diganti dengan rambu tanda parkir. Namun, mengenai kapan pemasangannya, Yayan belum bisa memastikan.

Dia mengatakan, sempitnya ruas jalan di kawasan Pasar Banjar menjadi penyebab utama terbatasnya luas lahan parkir yang tersedia, sehingga kondisi jalan di sekitar pasar tetap semrawut.

Padahal, upaya penindakan dengan cara penilangan terhadap kendaraan yang melanggar rambu lalu-lintas telah dilakukan Dishub dan pihak Kepolisian, tapi upaya tersebut juga tidak berhasil.

“Tadinya ruas jalan tersebut lebar, kami juga tidak tahu jadi sempit begitu. Memang seharusnya Pasar Banjar dilengkapi basement, sehingga tidak akan terjadi penumpukan kendaraan yang diparkir di bagian jalan. Namun, karena keterbatasan anggaran maka fasilitas itu belum bisa dibangun. Kami juga sedang memikirkan solusinya yang terbaik mengenai penataan parkir di kawasan pasar,” kata Yayan.

Sementara itu, untuk mengkonfirmasikan tentang penempatan PKL roda dorong kepada UPTD Pasar, namun hingga berita ini diturunkan HR belum bisa menemui Kepala UPTD Pasar. Salah seorang staf di kantor tersebut yang namanya enggan dikorankan, mengatakan, pejabat terkait tidak ada di tempat. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!