Program Wajib Belajar 12 Tahun Berubah Jadi PMU

12/04/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Mulai tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan pendidikan menengah universal (PMU) 12 Tahun, yang mana program tersebut merupakan rintisan wajib belajar 12 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Banjar, Dahlan, SH., menjelaskan, bahwa pendidikan menengah universal 12 tahun ditempuh untuk menjaring usia produktif.

“Pendidikan menengah universal nama lain dari wajib belajar 12 tahun, sebelumnya memang Kemendikbud sempat menyatakan akan mencanangkan program wajib belajar 12 tahun mulai 2013. Namun, pemerintah pusat belum sepenuhnya sanggup menanggung segala kewajiban di pendidikan tingkat menengah,” kata Dahlan, Selasa (10/4).

Kemudian, pemerintah menggunakan istilah pendidikan menengah universal dan bukan wajib belajar 12 tahun, karena pembiayaan pendidikan ditanggung bersama antara pemerintah, masyarakat, dan pemerintah daerah.

Dengan demikian, Kemendikbud rencananya akan membangun sekitar 12 ribu ruang kelas baru (RKB) untuk jenjang SMA di seluruh kab/kota di Indonesia. Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan diberlakukannya program pendidikan menengah universal tahun 2013 mendatang.

Program rintisan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk siswa jenjang SMA merupakan salah satu terobosan pemerintah pusat untuk mendukung program tersebut. Dan unit cost rintisan BOS SMA yang ada saat ini sebesar Rp.120.000 per-anak per-tahun.

“Program pendidikan menengah universal akan mendongkrak angka partisipasi kasar (APK) SMA/SMK/MA. Oleh karena itu, salah satu konsekuensi yang harus dijawab adalah pemerintah harus melakukan penambahan jumlah RKB bagi siswa SMA sederajat,” ujarnya.

Disamping itu, kebijakan ini dirancang sebagai bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui peningkatan lulusan SMA. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply