Rangka Baja Ratusan Juta Terlantar di UPTD Binamarga Cijulang

05/04/2012 0 Comments

Rangka Baja bernilai ratusan juta, terlantar di halaman kantor UPTD Binamarga Kec. Cijulang. Warga setempat, mempertanyakan rencana pembangunan jembatan di wilayah Cijulang. Foto : Ukan Wahyu Afandi/HR.

Cijulang, (harapanrakyat.com),- Warga Desa Kondangjajar Blok Bandara Nusawiru, dan warga Desa Cijulang Blok Nusagede Kec. Cijulang Kab. Ciamis mempertanyakan keberadaan tumpukan besi rangka baja yang saat ini nampak terlantar di halaman kantor UPTD Binamarga Kec. Cijulang.

Salim (50), warga RT 23 RW 05 Kalemsari Desa Kondangjajar, saat ditemui HR, belum lama ini, mengatakan, keberadaan tumpukan besi yang jumlahnya cukup banyak itu terkesan tidak tidak dimanfaatkan sejak tahun 2004. Dengan kata lain, sudah 9 tahun dibiarkan terlantar di halaman kantor UPTD.

Menurut informasi yang diterima Salim, tumpukan besi ukuran besar itu sengaja disimpan di wilayah Desa Kondangjajar supaya aman dari tangan-tangan jahil. Namun, jika dilihat dari lamanya diterlantarkan, tidak menutup kemungkinan besi-besi itu akan rusak dimakan karat, dan tidak menutup kemungkinan bakal menjadi barang rongsok.

Padahal, lanjut Salim, besi-besi yang ada di halaman Kantor UPTD Binarmga itu dibeli dengan harga yang mahal, mencapai ratusan juta. Dia mengaku sangat menyayangkan besi yang terkesan tidak dimanfaatkan itu.

Di tempat terpisah, Kades Cijulang, Tarhim Sidik S.Pd., mengatakan, natara tahun 2002-2003, Pemlab. Ciamis pernah merumuskan pembangunan saran jembatan di atas Sungai Sanghiangkalang, yang menghubungkan Bandara Nusawiru dengan Objek Wisata Pantai Batukaras.

Kemudian, pada tahun berikutunya, antara 2003-2004, Pemkab. Ciamis melakukan pemetaan dan penelitian kadar tanah, guna menguji kelayakan pembangunan jembatan, yang berlokasi di Blok Cipariuk Desa Cijulang.

Pada tahapan berikutnya, di tahun 2004, Pemkab. Ciamis melakukan pengiriman besi-besi baja, untuk tiang jembatan. Namun sangat disayangkan, sampai saat ini rencana itu belum juga terealisasi.

“Sayang juga biaya yang sudah dikeluarkan untuk membeli besi-besi tiang jembatan. Pastinya, jumlah biaya itu tidaklah sedikit. Terlebih, besi-besi itu dibiarkan rusak dan habis dimakan karat,” ungkapnya.

Dia berharap, Pemkab. Ciamis segera mengambil langkah antisipatif untuk memanfaatkan besi-besi tersebut.

Sementara itu, Kepala UPTD Binamarga Kec. Cijulang, Lalan, saat dikonfirmasi HR, enggan memberikan komentar terkait kerusakan tiang-tiang besi yang ada di halaman kantornya itu, dan terkait rencana pembangunan jembatan di daerah Cijulang.

“Bina Marga Kec. Cijulang tidak punya dana untuk itu. Semuanya itu, kewenangan pihak Pemkab. Ciamis,” pungkasnya singkat. (ukan)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!