Renita Juara 1 Lomba Siswa Berprestasi

26/04/2012 0 Comments

(SMAN 1 Ciamis)

Ciamis, (harapanrakyat.com),Renita Dwi Suryana (16), siswi kelas XI-IPA 2 SMAN 1 Ciamis meraih juara pertama dalam lomba siswa berprestasi jenjang SMA/ SMK se-Kabupaten Ciamis tahun 2012, yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, di kampus SMAN 2 Ciamis.

Renita Dwi Suryana

Pada lomba itu, Renita menyajikan hasta karya berjudul Teknologi Tenaga Angin PLTA ke Rumah Warga. Dia didapuk sebagai juara pertama oleh para Tim Penilai yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Ciamis.

Selain hasta karya tersebut, Renita juga menampilkan kepiawaiannya bermain gitar, kecapi dan menari jaipong, pada perhelatan yang digelar oleh Sub Bina Program Disdik Ciamis itu.

Renita yang menggemari pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris itu, mengaku bersyukur atas prestasi yang diperolehnya. Bahkan, dara yang bercita-cita sebagai Dokter anak tersebut sempat meraih gelar juara pertama dalam lomba OSN Fisika se-Kab. Ciamis.

“Alhamdulillah, saya bersyukur berkat bimbingan para guru di SMAN 1 Ciamis, juga do’a orang tua adan rekan-rekan di sekolah. Semoga raihan ini memotivasi saya untuk terus giat belajar, ” ungkapnya, Jum’at (20/4).

Renita juga menuturkan, hasta karya yang disajikannya, terinspirasi oleh kebutuhan listrik yang semakin tinggi di tingkat konsumsi Rumah Tangga. Dengan bimbingan Guru SMAN 1 Ciamis, dia dengan yakin menyajikan konsep dasar Fisika, dimana Tenaga Angin bisa dimanfaatkan untuk mengubah energi gerak menjadi listrik.

“Perubahan energi tersebut yang bisa dimanfaatkan untuk pasokan listrik ke rumah warga dengan berbekal tenaga angin. Apalagi angin sangat mudah didapat, jadi saya pikir ada nilai lebih dari gagasan ini,” paparnya.

Ditemui terpisah, Kepala SMAN 1 Ciamis, Drs.Wawan Haryawan, MP.d, mengatakan, bahwa pihaknya sangat bersyukur atas prestasi yang diraih Renita. “Sistem pembinaan dan perekrutan para siswa-siswa SMAN 1 akan terus dipertahankan. Meskipun, setiap tahun ada evaluasi untuk perbaikan kualitasnya,” katanya

Wawan menambahkan, seperti dalam perekrutan saat ini, yang berbasiskan jaringan komputer, pihaknya tetap membuka jalur perekrutan siswa baru melalui PPDB (Program Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun ajaran 2012/2013. PPDB ini meliputi Tes yang terdiri dari Achievment Test, B.Inggris , TIK, Olahraga dan Seni.

“Jalur akademis kami tempuh dengan kriteria itu. Artinya, penyaringan bibit-bibit unggul sangat kami perhatikan. Tinggal nanti sistem pembinaannya,” ungkapnya.

Menanggapi Lomba Siswa Berprestasi 2012, Kepala Sub Bina Program Disdik Kab. Ciamis Drs. Dudung, mengatakan, bahwa pihaknya sebagai Penyelenggara acara, membentuk Tim Juri yang terdiri dari para praktisi pendidikan dan pengawas pendidikan.

“Artinya hasial perolehan para siswa benar-benar dilakukan oleh Tim, baik dari penilaian akademis, Kecakapan komunikasi (wawancara-red), maupun keterampilan Seni,” pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply