Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Ribuan Guru di Ciamis Ikuti UKA

12/04/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ribuan guru di Kab. Ciamis dari berbagai satuan pendidikan sudah mengikuti Ujian Kompetensi Awal (UKA). Diharapkan, bagi guru yang dinayatakan lulus, dapat meningkatkan profesionalisme dan memajukan pendidikan di masing-masing sekolah.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) kab. Ciamis, H. tatang, Senin (9/4). Menurut dia, UKA merupakan jembatan bagi para guru untuk kemajuan pendidikan Kab. Ciamis.

“Mereka yang sudah mengikuti UKA, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, baik di tingkat kabupaten, ataupun di lingkungan sekolah masing-masing,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kasubag Kepegawaian Disdik Ciamis, Sukiman, Senin (9/4), mengatakan, UKA yang belum lama ini digelar, bertujuan juga untuk menilai layak dan tidaknya para guru mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru).

“Bagi guru yang tidak lulus dalam UKA, mereka akan diikutsertakan kembali dalam UKA tahun depan. Dalam UKA sekarang ini, para peserta tidak langsung mendapatkan sertifikat,” ungkapnya.

Sukiman menjelaskan, guru yang dinyatakan lulus, diharapkan bisa lebih meningkatkan profesionalisme dan kinerja dalam menjalankan tugas sebagai pengajar. Sementara bagi guru yang belum lulus, selain harus mengikuti ujian tahun depan, mereka juga akan dibina langsung oleh tim PLPG dari Dinas Pendidikan Propinsi.

Meski begitu, kata Sukiman, masih banyak diantara peserta UKA yang melakukan kekeliruan dalam mengisi lembar soal yang diberikan dalam UKA. Kemungkinan, kesalahan itu yang menjadi faktor peserta tidak lulus ujian.

Sukiman menambahkan, guru yang lulus UKA diantarnya, 33 guru SLB, 202 guru TK, 1579 guru SD, 172 guru SMP, 11 guru SMA dan 18 guru SMK. Sedangkan yang tidak lulus, diantaranya, 2 guru TK, 4 guru SMP, 2 guru SLB, 1 guru SMA, 1 guru SMK, dan 134 guru SD. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply