100 PNS Ikuti Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa

100 PNS Ikuti Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa

Banjar, (harapanrakyat.com),- Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwajibkan mempunyai sertifikat pengadaan barang/jasa. Untuk itu, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar, bekerjasama dengan Bandiklat. Provinsi Jawa Barat mengadakan pelatihan dan ujian sertifikasi barang/jasa.

Kegiatan tersebut diikuti 100 orang peserta dari setiap OPD lingkup Pemkot Banjar sejak Senin-Rabu (7-9/5), bertempat di Aula Setda Kota Banjar, dan dibuka secara langsung oleh Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM.

Dalam sambutannya Walikota Banjar, mengatakan, setelah mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi, diharapkan para peserta memiliki kemampuan dan kompetensi profesi di bidang pengadaan barang/jasa.

“Saya berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini para peserta nantinya bisa mengetahui keseluruhan prosedur pengadaan barang/jasa pemerintah, mulai dari tahap persiapan sampai pelaksanaan pengadaan, sesuai Perpres Nomor 54 Tahun 2010, serta mampu melaksanakan pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai standar dokumen pengadaan nasional. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi para peserta,” kata Herman.

Pengadaan barang/jasa pemerintah adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa oleh pemerintah daerah, yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang/jasa.

Proses pengadaan tersebut meliputi kemampuan penentuan strategi pengadaan, penyusunan organisasi pelaksanaan pengadaan barang/jasa, pengelolaan program manajemen resiko.

Kemudian, pengelolaan program manajemen mutu, penyelesaian perselisihan pelaksanaan kontrak, penanganan kegagalan kontrak, pengetahuan manajemen aset, pelaksanaan evaluasi kebijakan, dan regulasi di pengadaan barang/jasa. (Eva)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles