142 Guru Se- Kab. Ciamis Bersaing Jadi yang Terbaik

03/05/2012 0 Comments

(Lomba Guru Berprestasi)

142 Guru dari berbagai jenjang pendidikan (TK,SD,SMP,SMA/SMK) se- Kabupaten, mengikuti perlombaan guru berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis, Senin (30/4), di Kampus SMA Negeri 3 Ciamis. Tampak dalam gambar peserta Guru Berprestasi tengah menjalani proses penilaian, yakni test tertulis. Foto : Dian Sholeh Wardiana/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 142 Guru dari berbagai jenjang pendidikan (TK,SD,SMP,SMA/SMK) se- Kabupaten, mengikuti perlombaan guru berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis, Senin (30/4), di Kampus SMA Negeri 3 Ciamis. Mereka beradu ilmu dan kemampuan untuk menunjukan sebagai guru yang terbaik di Kabupaten Ciamis.

Dalam penilaiannya pun dilakukan secara ketat, dan diuji dengan beberapa tahap penilaian, guna menghasilkan pemenang yang dihasilkan dari penilaian secara objektif.  Ada empat tahap dalam penilaian lomba guru berprestasi, yakni test tulis, wawancara oleh tim penilai, persentasi makalah, dan penilaian porpofolio.

Menurut salah seorang peserta guru berprestasi, penilaian dalam lomba guru berprestasi, cenderung lebih dilihat dari sisi kecakapan dalam metode pengajaran. Artinya, tim penguji lebih melihat dari kepiawaian seorang guru dalam mempersentasikan bahan pembelajaran, sehingga dapat mudah dicerna oleh siswanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. H. Akasah, M.BA, dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Kabid PO Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. H. Uun Kusniadi, mengatakan, pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi dilaksanakan untuk mengukur kinerjanya, yang meliputi aspek kemampuan melaksanakan tugas, kepribadian, pemahaman wawasan kependidikan serta partisipasi masyarakat.

Menurut Akasah, pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi merupakan suatu model atau contoh bagi pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, karena yang bersangkutan mempunyai prestasi yang luar biasa atau melebihi yang dicapai pendidik lainnya.

“Sehingga, perkembangan pendidikan dalam meningkatkan mutu pada proses belajar mengajar, “ ujarnya.

Adapun pemenang dalam lomba guru berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis sebagai berikut; jenjang Guru TK Yeyet Seyeksi, S.Pd dari TK Az- Zahra Sindangkasih, jenjang Guru SD Tatang Sukmara, S.Pd dari SDN 2 Cihaurbeuti, jenjang Guru SMP Drs. Maman Sarman, M.Pd dari SMPN 8 Ciamis, jenjang Guru SMA Teti Gumiati, S.Pd dari SMAN 1 Baregbeg dan jenjang Guru SMK Atin Herawati, S.Pd dari SMKN 1 Ciamis. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!