Atasi Masalah Putus Sekolah di Sukaresik

10/05/2012 0 Comments

(SMP Plus Darul Ikhsan)

Kepala Sekolah, bersama para guru SMP Plus Darul Ihksan, berpoto bersama di depan gedung sekolah. Foto : Eli Suherli/HR.

Sindangkasih, (harapanrakyat.com),- Warga Desa Sukaresik Kec. Sindangkasih Kab. Ciamis tidak lagi terkendala masalah jarak, untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama). Pasalnya, saat ini di wilayah Desa Sukaresik, sudah berdiri SMP Plus Darul Ikhsan, yang bernaung di bawah Yayasan Al-Hidayah.

Kepala SMP Plus Darul Ihksan, Encang Zaenal Mu’arif S.Pd, belum lama ini, mengatakan, persoalan pendidikan di Desa Sukaresik sangat memperihatinkan dan komplek. Banyak diantara anak usia SMP mengalami putus sekolah, karena alasan jarak untuk pergi ke sekolah sangat jauh.

“Sebagai Kepala Sekolah, saya merasa prihatin melihat potensi anak-anak Desa Sukaresik. Mereka seharusnya bisa melanjutkan ke jenjang SMP, tapi karena alas an jarak, mereka pendidikan mereka terpaksa terhenti,” ungkapnya.

Encang melanjutkan, pembangunan sekolah berbasis pesantren ini, diharapkan potensi anak di wilayah tersebut bisa tersalurkan. Apalagi, saat ini SMP Plus Darul Ikhsan berada di dekat, di lingkungan Desa Sukaresik.

Menurut Encang, berkat dukungan penuh dari masyarakat, para ulama dan juga sesepuh Pondok Pesantren, SMP Plus Darul Ikhsan bisa terwujud dengan baik. Dia berharap, anak-anak yang terhenti pendidikannya, bisa kembali melanjutkan sekolah.

Saat ini, jumlah siswa SMP Plus Darul Ikhsan sudah mencapai 60 orang. Hanya saja, jumlah ruangan masih terbatas, yakni sebanyak 2 ruang kelas. Ruang kelas itupun, merupakan milik Pondok Pesantren Darul Ikhsan.

Tenaga pengajar di SMP Plus Darul Ikhsan, 20 orang guru. Dengan jumlah itu, proses kegiatan belajar siswa bisa dilakukan dengan maksimal. Sementara itu, ijin operasional sekolah masih dalam proses.

Encang menambahkan, pihaknya saat ini sudah memiliki lahan untuk pembangunan gedung sekolah. Untuk itu, dia juga berharap Pemkab. Ciamis, melalui Dinas Pendidikan (Disdik), membantu mewujudkan keinginan masyarakat untuk memiliki SMP.

Pendirian SMP Plus Darul Ikhsan berbasis pondok pesantren, dengan mengusung visi, “Terwujudnya Generasi Rabbani dengan Landasan IMTAQ dan IPTEK, disertai Implementasi Life Skill”. Sementara misinya, yakni “Menciptakan pembelajaran yang islami dengan menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman”.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Sukaresik, Dedi Irwan Saefudin, mengaku, sangat mendukung pendirian SMP di wilayahnya itu.  Menurut dia, sebenarnya keinginan masyarakat untuk memiliki sekolah sudah ada sejak lama.

“Memang benar, banyak anak-anak setelah lulus SD, memilih tidak melajutkan sekolah karena alasan jarak tempuh yang sangat jauh. Dan kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bekerja. Tapi, dengan berdirinya SMP Plus Darul Ikhsan, anak-anak disini bisa melanjutkan sekolah,” ungkapnya.

Dedi menjelaskan, sesuai dengan data di pihaknya, hampir 80 persen anak usia SMP, tidak melanjutkan sekolah. Meski begitu, sebenarnya banyak diantara warga yang ingin melanjutkan pendidikan anak mereka.

Pada kesempatan itu, Dedi berharap, dengan adanya SMP Plus Darul Ikhsan, persoalan pendidikan yang selama ini menjadi masalah di Desa Sukaresik, bisa segera teratasi. Dan jumlah anak putus sekolah, bisa berkurang. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!