BPBD Gelar Sosialisasi Siaga Darurat Bencana & Tanah Longsor

03/05/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Agar masyarakat mengenal dan mengetahui teori bagaimana caranya menyikapi jika terjadi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar mengadakan sosialisasi siaga darurat bencana dan tanah longsor tahun 2012.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di setiap kecamatan yang ada di Kota Banjar, diantaranya Kec. Pataruman, Banjar, Purwaharja dan Kec.Langensari. Dalam kegiatan itu BPBD juga melibatkan unsur TNI, Polri, serta masyarakat.

Menurut Kepala BPBD Kota Banjar, Asep Tatang Iskandar, bahwa dengan diadakannya sosialisasi siaga darurat bencana dan tanah longsor, diharapkan masyarakat bisa cepat tanggap bereaksi untuk menolong, serta melaporkan dimana titik bencana terjadi.

“Bencana itu kan banyak ragamnya, misalnya banjir, longsor dan gempa. Dengan demikian maka akan diadakan pula simulasi mengenai bagaimana cara menolong korban bila terjadi bencana di suatu daerah, dan harus melapor ke mana, itu nanti masyarakat akan diberitahu,” katanya, Kamis (26/4).

Mengingat pentingnya kegiatan sosialisasi ini, pihaknya berharap seluruh masyarakat Kota Banjar bisa bekerjasama dengan baik, sehingga pelaksanaan sosialisasi di masing-masing kecamatan dapat berjalan sesuai harapan.

Tatang menambahkan, bukan hanya masyarakat saja, namun rencananya kegiatan serupa juga akan melibatkan anak-anak sekolah. Tujuannya supaya mereka tahu bagaimana cara menyikapi apabila terjadi gempa bumi saat mereka berada di dalam kelas. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply