Dinkes Lakukan Sero-Survey di Kawasan Wisata

17/05/2012 0 Comments

(Identifikasi Penyebaran HIV/ AIDS)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menyusul meningkatnya jumlah pengidap HIV/ AIDS, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Ciamis terus melakukan sero-survey aktif di di sejumlah titik, di wilayah Objek Wisata pantai Pangandaran, seperti Pasar Wisata (PW), Café sepanjang Pamugaran, Batu Hiu dan Karangtirta.

Kasi P4B (Pencegahan Pemberantasan penyakit dan Pengendalian Bencana) Dinkes Kab. Ciamis, Osep Hernandi, Sabtu (12/5), mengatakan, kegiatan sero-survey itu sengaja dilakukan untuk mengetahui jumlah penderita yang terifeksi HIV dan juga IMS.

“Data sejak tahun 1999 sampai dengan 2011, dari 6.959 yang diperiksa, penderita HIV/ AIDS sebanyak 76 orang, 16 diantaranya positif AIDS. Bahkan ada yang sudah meninggal. Sementara tahun 2012, pemeriksaan dari bulan Januari sampai April, 8 orang terjangkit, dan 4 orang dinyatakan positif mengidap AIDS,” ungkapnya.

Osep melanjutkan, dengan kegiatan tersebut, diharapkan bisa memberi pengertian terhadap sejumlah pelaku beresiko, yang ada di sekitar kawasan tempat hiburan. Selama ini, kata dia, banyak Pekerja Seks Komersial (PSK) tidak menetap, atau berpindah-pindah, dan itu menyulitkan kegiatan pemeriksaan.

Pada kesempatan yang sama, Osep menjelaskan, kegiatan sero-survey akan dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Dengan begitu, Dinkes Ciamis, bisa dengan segera memperoleh data soal penyebaran HIV/ AIDS.

Bahkan, lanjut Osep, pihaknya sudah member pengarahan kepada pengelola café, agar menyediakan kondom, untuk mencegah penularan penyakit yang mematikan tersebut. Dari hasil pemeriksaan hari Sabtu (12/5), menyebutkan, sebanyak 268 orang mengikuti pemeriksaan.

Diantaranya, 117 dari kawasan Wisata Pangandaran, 30 orang dari Objek Wisata Batu Hiu, 20 orang dari wilayah Karangtirta, 71 orang penghuni Pondok Inabah, 30 Napi Lapas Ciamis.

“Hasilnya, belum kami ketahui secara pasti. Karen harus melalui beberapa tahapan penelitian,” katanya.

Salah seorang pemilik café di kawasan Pamugaran, yang enggan dikorankan, mengutarakan, sero-survey yang dilakukan Dinkes Ciamis cukup membantu baginya. Untuk itu, dia akan terus mendukung kegiatan serupa. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply