Faktor Cuaca, Pendapatan Nelayan Turun Drastis

17/05/2012 0 Comments

Mengisi waktu luang, sejumlah nelayan Pangandaran memperbaiki jarring. Dalam kurun waktu dua bulan ini, pendapatan mereka terbilang menurun. Foto : Eli Suherli/HR.

Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pendapatan nelayan di kawasan Pantai Pangandaran dalam kurun waktu dua bulan ini menurun drastis. Para nelayan menilai, penurunan pendapatan itu terjadi lantaran faktor cuaca yang tidak mendukung mereka untuk pergi melaut.

Meski harus melaut, mereka tidak mendapatkan hasil tangkapan yang memuaskan. Soalnya, paling banter pada musim-musim seperti ini, mereka hanya mendapatkan ikan-ikan kecil. Sementara ikan-ikan kecil tersebut, tidak layak untuk dijual di pasaran.

Jahri, nelayan asli Pangandaran, Sabtu (12/5), mengatakan, sudah tiga hari ini, dirinya tidak pergi melaut untuk menangkap ikan. Dia bersama nelayan yang lain, memanfaatkan waktu-waktu luang, untuk memperbaiki peralatan melaut.

“Padahal, menurut perhitungan kami (nelayan-red), sekarang sudah memasuki musimnya ikan tenggiri. Namun, karena faktor cuaca, pergi melaut pun tidak bisa maksimal, sehingga nelayan lebih memilih untuk memperbaiki perlatan, seperti jaring dan mesin perahu,” katanya.

Namun, karena didorong faktor kebutuhan ekonomi keluarga, kebanyakam dari nelayan memaksakan diri untuk pergi melaut, walaupun hasil dari tangkapan ikan yang kemudian mereka jual ke pengepul. tidak sebanding dengan biaya operasional.

Jahri berharap, semoga cuaca pada minggu-minggu mendatang bisa kembali normal.  Dengan begitu, para nelayan bisa mendapatkan hasil tangkapan, sesuai dengan musimnya, yakni musim ikan tenggiri.

“Mudah-mudahan minggu depan, para nelayan bisa kembali melaut, dan mendapatkan ikan seperti pada hari-hari normal,” ungkapnya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!