Ical: 2014, Partai Golkar di Ciamis dan Banjar Harus Menang

31/05/2012 0 Comments

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ir. H. Aburizal Bakrie, Ketua DPD PG Kab. Ciamis. H. Engkon Komara duduk bersama, saat menggelar konsolidasi internal partai di Gedung Golkar, Senin (28/5). Foto : Deni Supendi/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Perolehan suara Partai Golkar di Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar ditergetkan menang pada Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang. Hal itu dikarenakan jika dilihat dari sejarah dua daerah tersebut merupakan basis kekuatan partai berlambang pohon beringin di wilayah Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ir. H. Aburizal Bakrie, saat memberikan sambutan, dalam acara ramah tamah dan konsolidasi internal dengan pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya, yang digelar di Gedung Galuh Karya Rahyu Ciamis, (Senin malam (28/5).

“Kalau di Kota Banjar, pada Pemilu kemarin Golkar menang. Saya yakin untuk Pemilu 2014 bisa dipertahankan. Sementara untuk Ciamis, saya minta untuk Pemilu 2014 Partai Golkar bisa mendulang kemenangan. Saya percaya di Ciamis juga bisa menang karena Ketua DPD-nya juga Bupati Ciamis, “ ungkapnya.

Selain Pemilu, lanjut Ical—sapaan akrab—Aburizal Bakrie—, Partai Golkar di Ciamis dan Banjar pun harus memenangkan Pemilukada (Pemilu Kepala Daerah). Karena saat ini kepala daerah di dua daerah tersebut merupakan kader Partai Golkar.

“Artinya, kemenangan Pemilukada kemarin harus dipertahankan pada Pemilukada berikutnya. Kalau akan mencalonkan kader muda Golkar untuk Pemilukada nanti, itu bagus. Saya pun mengharapkan kader Partai Golkar agar bisa mencalonkan dan memenangkan di seluruh Pemilukada di Indonesia,” terangnya.

Menurut Ical, memenangkan dalam setiap event Pemilu bukanlah pekerjaan mudah. Seluruh kader Partai Golkar harus berjuang dan bekerja untuk meraih simpati rakyat.

“ Tahun 2012 ini bagi Partai Golkar adalah tahun karya-kekaryaan. Artinya, seluruh kader harus bekerja menunjukan karyanya berbuat untuk kesejahteraan rakyat. Buat program-program kekaryaan yang manfaatnya langsung dirasakan rakyat. Jika begitu, Partai Golkar akan dicintai rakyat. Dan Insyallah Partai Golkar, khususnya di Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar bisa menang setiap event Pemilu, “ terangnya.

Ical juga memberikan apresiasi kepada kader perempuan Partai Golkar Ciamis yang sudah menunjukan kekaryaannya dalam membantu penderita kanker dan thalasemia di Kabupaten Ciamis.

“ Saya salut dengan kiprah kader perempuan Partai Golkar Ciamis yang konsisten dalam membantu meringankan beban rakyat yang membutuhkan pertolongan. Kiprah  kader perempuan itu yang dimaksud gerakan karya-kekaryaan terhadap rakyat. Saya minta untuk diikuti oleh kader Partai Golkar lainnya, agar rakyat semakin mencintai Partai Golkar, “ ujanya.

Dalam kesempatan itu pun, Ical meminta kepada kader Partai Golkar yang berada di pemerintahan, baik di legislatif maupun eksekutif, agar melakukan langkah karya- kekaryaan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

“ Seperti contoh, ketika saya menjabat Menkosesra (Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat), saya membuat ide untuk menggiatkan kembali partisipasi masyarakat dalam membangun desa. Ide itu saya sampaikan kepada Bapak Presiden SBY, dan beliau setuju dengan ide saya,”

“Akhirnya ide itu saya namai ‘Progam Nasional Pemberdayaan Masyarakat’. Kemudian Bapak Presiden menambahkan kata ‘Mandiri’. Dari situlah lahir program PNPM Mandiri yang saat ini bergulir di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia,” terangnya.

Selain program PNPM, lanjut Ical, dia pun mengaku sebagai penggagas dan konseptor lahirnya program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Dia mengatakan, konsep program KUR sudah dia ajukan ke pemerintah pada tahun 1996 ketika dirinya menjabat sebagai Ketua Umum KADIN (Kamar Dagang dan Industri).

“ Waktu itu saya berpikir, jika ingin perekonomian di Indonesia maju, maka pelaku usaha kecil menengah harus dilibatkan dan diberi akses mudah dalam mengajukan kredit untuk modal usaha ke perbankkan. Tapi, waktu itu ide saya ditolak oleh pemerintah,” ungkapnya.

Ketika dirinya menjabat Menkokesra, lanjut Ical, ide untuk membantu pelaku usaha kecil menangah diwacanakan kembali dan diajukan ke Presiden SBY.

“ Alhamdulilah Pak SBY waktu itu sangat setuju. Kemudian kita konsep kembali program itu untuk disempurnakan. Seperti kita libatkan pihak asuransi dalam program tersebut. Kenapa pihak asuransi dilibatkan? Karena untuk mengantisipasi kemacetan kredit yang diprediksi diangka 10%,”

“ Jadi, apabila kredit KUR terjadi kemacetan diangka 10%, maka pemerintah tidak akan rugi, karena akan ada klaim dari pihak asuransi. Artinya, kita pola sedemikian rupa agar program itu bermanfaat kepada masyarakat, dan pemerintah pun melakukan antisipasi guna menyelematkan uang negara, “ ungkapnya.

Menurut Ical, kiprah kader Partai Golkar harus berusaha membuat karya untuk pembangunan bangsa. “ Sekecil apapun karya yang ditorehkan, apabila berguna untuk kepentingan rakyat, hal itu akan sangat berarti besar. Makanya, saya mengajak kepada seluruh kader Partai Golkar, mari kita terus berkarya. Tunjukan karya masing-masing kader untuk berbuat demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

Ical juga mengatakan, dengan digulirkannya berbagai program Partai Golkar yang bersentuhan dengan rakyat, membuat rating Partai Golkar menunjukan perkembangan yang postif. Hal itu terlihat hasil survey yang dilakukan oleh berbagai lembaga survey bahwa Partai Golkar saat ini berada di urutan pertama.

“Seperti di Jawa Barat, Pak Yance melaporkan kepada saya bahwa hasil survey kepercayaan terhadap partai politik, yang dilakukan oleh lembaga survey Unpad, bahwa di Jawa Barat kepercayaan terhadap Partai Golkar meningkat dan berada diangka 29%. Hal itu sebuah kemajuan karena perolehan suara Partai Golkar di Jawa Barat pada Pemilu 2009 lalu hanya sebesar 14%,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis, H. Engkon Komara, mengatakan, program Karakterdes dan program karya- kekaryaan yang digulirkan kembali oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie, sangat dirasakan dalam mensolidkan mesin partai.

“Terus terang, kita sangat salut dan mengapresiasi dengan program-progam yang digulikan oleh Ketua Umum. Kita sangat berharap bisa mengembalikan kejayaan Partai Golkar pada Pemilu mendatang, “ ujarnya, dalam sambutannya.

Engkon juga menyinggung soal Pemilukada Kabupaten Ciamis. Dia mengatakan Partai Golkar Ciamis akan berusaha untuk mengusung kader Golkar terbaik dalam pencalonan Pemilukada Ciamis.

“Kita dari Partai Golkar Ciamis sangat berharap bisa mengusung kader muda Golkar dalam pencalonan Pemilukada Kabupaten Ciamis yang akan digelar tahun 2013 mendatang, “ ungkapnya. (dn/es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!