Lomba Bermanfaat Untuk Evaluasi Program & Kinerja Dalam Meningkatkan IPM

24/05/2012 0 Comments

(Jadi Pemenang Bukan Tujuan Utama)

Langensari, (harapanrakyat.com),- Diikutsertakannya dalam Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2012, tidak menjadi beban yang mengharuskan jadi pemenang, tapi lebih ke evaluasi program dan evaluasi kerja.

Hal itu dikatakan Camat Langensari, Wawan Gunawan, SP., didampingi Sekretarisnya, Moch. Dasuki, saat ditemui HR sehari sebelum pelaksanaan penilaian dilakukan, Senin (21/5).

“Perlombaan ini akan sangat bermanfaat bagi kita, karena kita bisa tahu sampai sejauh mana peran Camat dapat terlibat dalam suatu program, misalnya program pendidikan. Kemudian, peran Camat dalam mengkoordinasikan bidang pendidikan, kesehatan serta perekonomian dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan IPM,” kata Wawan.

Karena, lanjutnya, dalam lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan ini, ke tiga bidang tersebut dievaluasi oleh Tim Penilai dari provinsi. Sedangkan yang menjadi intinya yaitu pemeriksaan kelengkapan data-data.

Lantaran, data merupakan satu ciri kinerja pihak kecamatan dalam menginplementasikan suatu program. Dari data bisa diketahui program apa saja yang telah dilaksanakan, dan program mana yang belum dilaksanakan.

“Dengan demikian maka melalui data, kebijakan-kebijakan pemerintah kota bisa terkumpul lebih riil di lapangan. Selain itu, peran Camat juga ternyata bisa lebih jauh atau lebih luas lagi, dan bisa lebih berinovasi,” ujarnya.

Meski menjadi pemenang bukan suatu tujuan, kata Wawan, namun pihaknya tetap berupaya untuk bisa jadi yang terbaik karena membawa nama baik daerah. Untuk itu, pihak desa dan kelurahan yang ada di Kec. Langensari sudah siap jika wilayahnya ditinjau Tim Penilai. Sebab, setiap desa maupun kelurahan memiliki potensi unggulan berbeda. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply