Peluang Usaha Ayam Sentul Banyak Diminati

17/05/2012 0 Comments

Eli Suherli

Ayam Sentul/ kampong mulai kembali diminati masyarakat Ciamis. Bisnis ternak ayam sentul dinilai menjanjikan untung. Foto : Eli Suherli/HR.

Usaha peternakan ayam sentul kembali diminati masyarakat peternak di Kabupaten Ciamis akhir-akhir ini. Hal itu seiring dengan meningkatnya kembali minat konsumen mengkonsumsi ayam kampung.

Minat masyarakat beternak ayam sentul meningkat, hal tersebut diperkirakan lantaran jumlah permintaan dan persediaan tidak sebanding. Dan kondisi itu, menjadi peluang tersendiri bagi warga yang ingin mulai beternak jenis ayam sentul.

Nur Muttaqien, warga Sindangrasa Ciamis, peternak ayam sentul, beberapa waktu lalu, mengatakan, ayam sentul merupakan jenis ayam kampung yang memiliki tektur tubuh sangat bagus.

Menurut Muttaqien, jika ayam ras sentul dipelihara dan diternak dengan baik, kegiatan usaha ternak ayam sentul bisa menjadi sumber pendapatan yang cukup menjanjikan bagi pemiliknya.

Tidak hanya itu, lanjut Muttaqien, pemeliharaan ayam sentul tergolong cukup mudah. Peternak hanya menyediakan lahan, untuk pembutan kandang. Dengan lahan itu, peternak sudah bisa memilihara ayam tersebut.

“Kalaupun tidak, ayam sentul ini bisa diternak langsung di pekarangan rumah,” ungkapnya.

Kepada HR, Muttaqien menceritakan awal mula membuka usaha ternak ayam sentul. Awalnya sekedar iseng, namun setelah berjalan lama, dia menyukai jenis ayam sentul, dan menjadikannya sebagai bisnis keluarga.

“Awalnya saya hanya punya bebrapa ekor saja. Namun setelah lima bulan, ayam semakin nertambah, dan membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Sekarang, jumlahnya sudah mencapai ratusan ekor,” jelasnya.

Muttaqien menambahkan, hanya dengan modal Rp. 500 ribu, kini usaha ternak ayam sentul tersebut, modal berikut laba/ keuntungan sudah dia dapatkan. Bahkan, saat ini, dia membantu permodalan kepada Karang Taruna di lingkungannya, untuk mengembangkan ternak ayam sentul. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply