Pemkab Dituntut Lakukan Penataan Kawasan Wisata Batukaras

03/05/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Forum Masyarakat Peduli Batukaras (FMPBK) melakukan audiensi bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Ciamis. Dalam audiensi tersebut, FMPBK menuntut perhatian Pemerintah Kab. Ciamis, terhadap kondisi kawasan pariwisata di wilayah Kec. Cijulang.

Kordinator FMPBK, Ucup, Kamis (26/4), mengatakan, kawasan wisata Batukaras Kec. Cijulang sangat berpotensi dan perlu dikembangkan. Selain itu, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari wilayah tersebut sangat tinggi.

“Terutama, perhatian terhadap akses atau infrastruktur menuju kawasan wisata di Cijulang. Selain itu, diperlukan juga sarana penunjang pariwisata yang lainnya,” katanya.

Ucup menjelaskan, selain akses jalan menuju kawasan Batukaras, sarana penerangan di sepanjang jalan itu juga perlu menjadi perhatian. Pasalnya, selama ini masalah penerangan sering kali dikeluhkan oleh para pengunjung.

Menurut Ucup, FMPBK sangat mengharapkan, agar pemkab. Ciamis melakukan perbaikan di segala bidang. Dengan begitu, keinginan FMPBK untuk menjadikan Batukaras kawasan wisata nasional segera terwujud.

Untuk menindaklanjuti hal itu, Ucup bersama masyarakat Batukaras, mengaku siap membantu pemerintah dalam mewujudkan kawasan wisata Batukaras, agar menjadi kawasan wisata nasional.

“Namun, jika pemerintah enggan melakukan penataan dan melengkapi sarana penunjang wisata, kami yakin, PAD dari wilayah Batukaras tidak akan tercapai, seperti yang diharapkan Pemkab. Ciamis,” katanya.

Ucup menambahkan, selama ini kawasan wisata Batukaras sudah dijadikan sumber PAD Ciamis, melalui penarikan retribusi. Tapi, hasil dari PAD tersebut, tidak pernah berimbas terhadap penataan dan penambahan fasilitas.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kab. Ciamis, Ahmad Irfan Alawi, mengatakan, apa yang diinginkan masyarakat Batukaras sangat baik. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat, perlu membangun kerbersamaan untuk memajukan kawasan wisata Batukaras.

“Kami DPRD siap membantu masyarakat untuk memajukan wilayah Batukaras. Karena hal itu juga berkaitan dengan kemajuan Kab. Ciamis. Kami juga mengakui, kawasan Batukaras selama ini belum sepenuhnya mendapat perhatian, terlebih dalam hal penataan,” ungkapnya.

Irfan menilai, kawasan wisata Batukaras sudah layak menjadi kawasan wisata nasional. Sekarang ini, tinggal bagaimana pemerintah melakukan perencanaan dan penataan kawasan tersebut.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kab. Ciamis, Drs. Sobar Sugema, M.Pd, mengakui, bahwa kawsan wisata Batukaras belum sepenuhnya mendapatkan penataan, diantaranya perbaikan jalan, penerangan dan rambu-rambu.

“Bukan berarti tidak memperhatikan kawasan Batukaras. Namun, kita juga harus menyesuaikan anggaran yang ada di pemerintah Kab. Ciamis. Dan untuk mewujudkan keinginan itu, kita juga perlu waktu” jelasnya.

Menurut Sobar, dengan audiensi FMPDK tersebut, pihaknya merasa terdorong untuk melakukan penataan. Dia juga mengaku sangat berharap, agar keinginan masyarakat Batukaras bisa segera diwujudkan. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply